Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pesan untuk Event Trabasan, Jangan Memaksa Diri Buka Jalur Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus tentang event trabasan di Ranca Upas, Bandung memang jadi catatan buruk pencinta trail di Indonesia. Seharusnya, kerusakan di lahan tersebut bisa dicegah panitia dan peserta juga tidak memaksakan diri.

Panitia tidak siap menghadapi peserta yang terlalu banyak dan tidak sigap saat lihat trek rusak parah dan menyiapkan jalur lain. Peserta juga egois dengan memaksakan diri melewati kondisi jalur yang sudah rusak parah.

Sejatinya, para pencinta motor trail mencintai alam, bukan malah merusaknya. Jadi perilaku kemaren yang terlihat tidak menggambarkan anak trail yang sabar dan cinta lingkungan.

Offroader dari Serigala Rider Wisnu Guntoro Adi memberikan pesan untuk para pencinta adventure trail. Pahami kalau permainan adventure trail harus survival sendiri di lintasan atau hambatan yang ada.

"Kalau hambatan itu rusak akibat banyaknya peserta yang lewat, kalian punya pilihan stay di situ kalau secara teknis itu tidak bisa dan fisik tidak mampu, stay saja," kata pria yang akrab disapa Gareng kepada Kompas.com, belum lama ini.

Stay atau diam di lokasi merupakan pilihan yang tepat, sebelum kondisi trek jadi semakin parah. Selain itu, ada panitia juga yang harusnya siap jika ada peserta yang tidak bisa melanjutkan perjalanan.

"Karena masuk, bukan jalan yang baik, itu bisa membunuh kalian. Stay pun tidak membuat kalian mati, motor di situ kalau semuanya tenang, parkir, tinggalkan tempat, bilang ke panitia, panitia dan penduduk coba jaga motor itu karena lintasannya rusak sebelum lebih parah," ucapnya.

Lalu, jika ada yang disebut dengan jalan pintas tapi di luar dari arahan panitia, jangan dilewati. Ingat, pencinta trail harus hadapi apa yang ada di depannya, bukan lari dari kenyataan dengan melewati pekarangan orang dan merusaknya.

"Ketika masuk situ (lintasan yang memang bukan hak) apa pun alasannya ada risiko. Kecuali memang dalam kondisi yang darurat," kata Gareng.

Apalagi pencinta trail sebenarnya harus meninggalkan jejak yang baik di lintasan. Mengingat nantinya kalau mau main lagi bisa diterima masyarakat dengan baik.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/16/114200715/pesan-untuk-event-trabasan-jangan-memaksa-diri-buka-jalur-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke