Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Mengecas Ponsel di Bagasi Jok, Motor Bisa Kebakaran

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagasi jok motor-motor lansiran terbaru semakin lega dan memudahkan pengendara untuk menyimpan lebih banyak barang. Akan tetapi, ada poin penting dan larangan yang harus diperhatikan.

Larangan yang dimaksud adalah menyimpan apalagi mengecas gawai ponsel dengan powerbank di dalam bagasi jok. Risikonya fatal karena bisa memicu konslet bahkan kebakaran.

“Bagasi kan tertutup dan panas, posisinya juga berdekatan dengan mesin. Sangat tidak disarankan untuk menyimpan gawai di dalamnya,” ujar Anto Hananto, kepala bengkel AHASS 88 kepada Kompas.com, Senin (13/3/2023).

Selain berpotensi membuat ponsel overheating dan mati total, mengecas dengan powerbank bisa memantik api karena adanya arus listrik konstan yang bercampur dengan uap bensin.

“Jika ada uap bensin yang muncul karena kebocoran selang, api bisa langsung terpantik dan menjalar. Seharusnya, kebocoran selang itu tidak berbahaya dan bisa dengan mudah ditangani. Tapi jika ada arus listrik di bagasi, efeknya langsung fatal,” kata Anto.

Untuk mencegah situasi nahas itu, Anto menyarankan pengendara untuk menyimpan gawai di saku, tas, atau console box di bawah setang motor.

Dijelaskan oleh Anto, motor lansiran terbaru sudah menyediakan console box yang tertutup bahkan dilengkapi dengan colokan USB. Kompartemen itu dinilai lebih aman daripada bagasi.

“Barang yang ditaruh di bagasi sebaiknya tidak bersifat konduktor, tapi insulator seperti helm atau jas hujan. Keduanya kan berbahan plastik atau karet, jadi aman ditaruh di bagasi,” ucap Anto.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/14/062200115/jangan-mengecas-ponsel-di-bagasi-jok-motor-bisa-kebakaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke