Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

SPKLU dan SPBKLU PLN Diklaim Tembus 1.000 Unit Seluruh Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Demi mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, PT PLN (Persero) bakal menyiapkan infrastruktur kendaraan listrik di seluruh pelosok negeri.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, mengatakan, PLN telah siap menyambut masifnya penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Menurut Darmawan, sebanyak 616 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sudah tersedia untuk dimanfaatkan oleh pemilik mobil listrik.

Sementara itu, sebanyak 1.056 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) sudah tersedia di seluruh Indonesia untuk dimanfaatkan oleh pemilik motor listrik.

Darmawan mengatakan, PLN akan terus memperbanyak unit SPKLU dan SPBKLU yang beroperasi ini di seluruh pelosok negeri. PLN juga menggandeng berbagai pihak untuk bisa mempercepat pembangunan fasilitas tersebut.

“PLN akan terus mendukung segala program Pemerintah untuk percepatan ekosistem kendaraan listrik. Ke depannya, PLN akan terus mendorong pembangunan SPKLU dan SPBKLU di kota-kota lain, sehingga, semua masyarakat bisa menggunakannya,” ujar Darmawan, dalam keterangan tertulis (12/3/2023).

Selain SPKLU dan SPBKLU, PLN juga mengoperasikan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang tidak hanya bisa digunakan oleh masyarakat yang memiliki usaha kecil tetapi juga para pengendara motor listrik dengan tipe mounted charging.

Untuk diketahui, saat ini PLN sudah mengoperasikan 6.705 SPLU di seluruh Indonesia dengan total daya terpasang 35,3 MVA.

"Khusus di Jakarta saja, kami mengoperasikan 2.995 SPLU yang bisa kapan saja digunakan oleh pengendara roda dua,” ucap Darmawan.

“Jadi kami tidak hanya menyiapkan stasiun penukaran baterai saja, tetapi motor listrik milik warga bisa melakukan pengisian daya di SPLU ini," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/13/112200715/spklu-dan-spbklu-pln-diklaim-tembus-1.000-unit-seluruh-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke