Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kupas 12 Fitur Keselamatan Aktif Chery Omoda 5

JAKARTA, KOMPAS.com - Meluncur sebagai pesaing Honda HR-V Turbo, Chery Omoda 5 tak sekadar punya tampilan futuristik dan mesin berkapasitas sama, tapi teknologi dan fitur menarik.

Paling utama soal perlindungan bagi pengendara dan penumpang yang masuk pada unsur keselamatan. Chery membekali Omoda 5 dengan enam titik airbag yang berada pada bagian depan, samping, serta tirai.

Masing-masing airbag memiliki peran krusial dalam menekan risiko ketika terjadi tabrakan dari beragam sisi. Namun tak hanya Omoda 5, HR-V juga memiliki jumlah airbag yang sama.

Selain itu, Omoda 5 juga dilengkapi fitur keselamatan aktif yang terdapat dalam teknologi advanced driver-assistance system alias ADAS.

Total ada 12 fitur keselamatan yang disematkan pada teknologi ADAS di Omoda 5, yakni Autonomous Emergency Brake (AEB), Integrated Cruise Assist (ICA), Drive Away Warning (DAW), Traffic Jam Assist (TJA), dan Front Collision Warning (FCW).

Selain itu masih ada Rear Cross Traffic Alert (RTA), Emergency Lane Keeping (ELK), Blind Spot Warning (BSW), Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Lane Keeping Assist (LKA).

Beberapa diantara fitur tersebut juga berguna sebagai asistensi saat berkendara. Menariknya ADAS pada Omoda 5 tak hanya disematkan pada varian tertinggi, untuk versi di bawahnya juga sudah sama-sama memiliki fitur keselamatan aktif.

Menurut Shawn Xu, President PT Chery Sales Indonesia (CSI), salah satu alasan kenapa Omoda 5 memiliki fitur yang lengkap dikarenakan SUV ini merupakan produk perdana Chery yang dirancang untuk dipasarkan secara global.

"Sehingga kami berkomitmen memenuhi semua standardisasi global, salah satunya pada fitur keselamatan. ADAS yang dimiliki Omoda 5 merupakan kombinasi fungsi yang mendukung keselamatan proaktif," ujar Shawn, dalam keterangan resminya, Sabtu (11/3/2023).

Hal ini menjadi nilai lebih, apalagi untuk sebuah mobil yang banderolnya ternyata masih berada di bawah Rp 400 juta.

Dibanding HR-V turbo yang harganya kini mencapai Rp 529,9 juta, tentu ADAS pada Omoda 5 lebih lengkap dari teknologi Honda Sensing.

Namun timbul pertanyaan, apakah semua fitur yang ditawarkan bakal bekerja maksimal mengingat dari segi infrastruktur jalan di Indonesia tak sebaik luar negeri, belum lagi ditambah soal masalah budaya berkendaranya.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/12/093100615/kupas-12-fitur-keselamatan-aktif-chery-omoda-5

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke