Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gandeng Google, Korlantas Siap Update Informasi Arus Mudik Lebaran

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama Google, Korlantas Polri menggelar rapat koordinasi dan kerja sama terkait pelayanan informasi menjelang libur arus mudik Lebaran 2023.

Sejumlah informasi yang dimiliki Korlantas Polri selama masa libur arus mudik Lebaran, akan tersambung ke Google Maps. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat dapat dengan mudah mengetahui kondisi terkini.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan, kerja sama pelayanan informasi ini yang kedua setelah sukses pada kolaborasi yang pertama di libur mudik Lebaran tahun lalu.

"Nanti ada penambahan pada fitur seperti pos pengamanan, pos pelayanan, rest area mudah-mudahan masyarakat bisa menggunakan dengan baik. Ini memudahkan juga bagi kami stakeholder terkait," ucap Eddy dalam keterangan resmi yang disitat dari situs resmi Korlantas Polri, Rabu (8/3/2023).

Dengan adanya kerja sama ini, Eddy berharap masyarakat bisa merencanakan dengan baik perjalanan mudik Lebaran, baik yang menggunakan jalan tol maupun non tol.

Lebih lanjut Eddy juga mengatakan, beberapa cara bertindak atau rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan selama masa arus mudik akan dimasukan dalam fitur Google Maps.

"Jadi cara bertindak kita seperti pengalihan arus, buka tutup, contraflow atau one way memudahkan masyarakat dan aman nyaman melalui ruas jalan tersebut," ucapnya.

Selanjutnya, Korlantas Polri juga akan memberikan informasi kondisi lalu lintas terkini kepada Google Maps agar masyarakat dapat mengakses langsung informasi.

Galuh Rohmah, Strategic Partnerships Manager Geo, Google Maps Indonesia mengatakan, mudik tahun ini diprediksi meningkat dibanding tahun lalu menjadikan user Google Maps sebagai prioritas.

"Kolaborasi yang kami harapkan dari Korlantas Polri adalah data-data apa saja yang akan kami share agar membantu masyarakat lewat Google Maps. Harapannya, user dapat bersabar untuk memastikan data yang update agar mendapatkan data untuk mudik aman dan nyaman," ucap Galuh.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/09/104200415/gandeng-google-korlantas-siap-update-informasi-arus-mudik-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke