Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Omoda 5 Diklaim Laris, Chery Mesti Ubah Strategi Tiggo 7 Pro

JAKARTA, KOMPAS.com - Chery optimistis bahwa Omoda 5 bakal mendatangkan penjualan yang baik di masa depan. Tampilan keren, fitur mendukung dan harga bersaing jadi modal utama merebut pasar SUV kelas B.

Namun, optimisme itu menimbulkan pertanyaan bagaimana kemudian Chery memosisikan produknya. Sebab jika dilihat Omoda 5 bisa saja menggerus pasar kakaknya yang lebih dulu hadir yaitu Tiggo 7 Pro.

Harry Kamora, Vice President Chery Sales Indonesia (CSI) mengakui bahwa jika dilihat dari fitur dan harga maka Omoda 5 dan Tiggo 7 Pro beririsan, namun dari segi desain keduanya berbeda meski masih di segmen SUV.

"Memang kalau kita melihat dari range harga dan spesifikasi saling irisan, dan jauh hari sebelum Omoda 5 diumumkan kami sudah berdiskusi apa yang akan dilakukan oleh Tiggo 7 Pro," kata Harry di Serpong, Tangerang, Rabu (8/3/2023).

"Tapi sampai hari ini menjadi satu pilihan yang besar karena kuatnya Omoda 5 maka Tiggo 7 Pro ini akan diposisikan di mana," ujar Harry.

Saat ini harga Tiggo 7 Pro mulai dari Rp 369 juta sampai Rp 435 jutaan. Sedangkan harga pre booking Omoda 5 Z Rp 328 juta dan Omoda 5 RZ sebesar Rp 398 juta. Kedua harga on the road (OTR) Jakarta.

Harga Omoda 5 yang diumumkan saat Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 itu berstatus pre booking, artinya ada kemungkinan berubah saat peresmian harga di Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023.

Harry mengatakan bahwa ke depan bisa saja posisi Tiggo 7 Pro naik kelas menjadi mobil elektrifikasi yakni Plug-In Hybrid atau PHEV. Tujuannya agar konsumen bisa melihat perbedaan antara Omoda 5 dengan Tiggo 7 Pro.

"Tapi yang pasti di dunia otomotif itu (cuma ada tiga) upgrade, downgrade, determinate. Cuma yang terakhir itu tidak ya. Karena mobil ini baru. Jadi pilihannya upgrade atau downgrade," ungkap Harry.

"Kita tahu kami akan mengusung nanti PHEV, sebelumnya kami sampaikan Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro ada PHEV. Jadi begitu dia jadi PHEV jadi beda lagi. Tapi belum diputuskan ya pak ya ini masih diskusi internal soal positioning," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/09/080200915/omoda-5-diklaim-laris-chery-mesti-ubah-strategi-tiggo-7-pro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke