Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Intensitas Hujan Tinggi, Waspada Jalan Ambles

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari belakangan ini, curah hujan di Jakarta dan sekitarnya cukup tinggi. Kondisi ini menyebabkan kerusakan jalan, seperti jalan berlubang hingga jalan ambles.

Permukaan jalan yang ambles sempat terjadi pada Jalan RA Kartini, Cilandak, Jakarta Selatan. Namun, kini sudah diperbaiki oleh Dinas Bina Marga dan Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta. Disebutkan bahwa kejadian tersebut diakibatkan gorong-gorong yang pecah.

Kejadian jalan ambles di Jalan RA Kartini ternyata bukan yang pertama kalinya. Pada 2022, Jalan RA Kartini yang menuju Jalan Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan, juga pernah ambles akibat tergerus air.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, jalan ambles saat musim hujan bisa terjadi di mana saja. Sehingga, pengemudi wajib waspada saat melihat jalan berlubang yang semakin membesar.

Namun, insiden jalan ambles sama seperti bencana alam yang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Meski demikian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi risiko yang mungkin terjadi.

“Pengemudi harus duduk sempurna untuk dapat fokus dengan kondisi sekeliling, karena dengan posisi duduk yang sempurna, pengemudi yang melewati jalan berlubang diharapkan tetap fokus dan jangan panik, selalu cek sekeliling melalui kaca spion,” ujar Sony, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sony menambahkan, lihat apakah ada yang tidak normal dengan kendaraan dan sekitarnya. Sebab, permukaan jalan yang ambles biasanya proses terjadinya secara perlahan-lahan.

“Ada waktu sekitar lima sampai 10 detik untuk evakuasi dengan cara menyelamatkan penumpang terlebih dahulu (melepas sabuk pengaman), dan segera minta mereka keluar menjauh dari kendaraan dan mencari tempat yang aman (area yang luas, terbuka dan rata),” kata Sony.

Menurutnya, sikap yang paling utama adalah jangan panik, selalu waspada, dan segera merespons seandainya tiba-tiba sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/08/191200415/intensitas-hujan-tinggi-waspada-jalan-ambles

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke