Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Musim Hujan, Awas Banyak Lubang yang Bisa Mencelakai Pengendara Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim hujan membuat jalanan di beberapa tempat jadi  berlubang. Bisa dibilang, kondisi tersebut bisa jadi musuh pengendara karena bisa mencelakakan.

Sistem drainase air yang kurang baik membuat jalan yang biasa dilewati jadi tergenang dan akhirnya berlubang. Kadang pengendara tidak sadar, dikira jalanan mulus, padahal ada lubang di area tersebut.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, lubang yang tidak diketahui atau disadari pengendara motor bisa membahayakan. Oleh karena itu, harus bisa antisipasi agar tidak mengalami kecelakaan.

"Saat berkendara, maka pandangan mata kita harus selalu melihat jauh ke depan agar dapat mengantisipasi setiap potensi bahaya dan cepat mengambil keputusan," ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (7/3/2023).

Cara menjaga pandangan jauh ke depan adalah dengan tidak mepet-mepet ke kendaraan di depannya. Jadi jaga jarak yang aman saat berada di belakang mobil atau motor.

"Kedua, selalu menjaga kecepatan saat kondisi jalan rusak agar kendaraan tetap stabil dan terhindar dari risiko kecelakaan," ucap Agus.

Ketiga, gunakan rem belakang lebih kuat kalau harus mengerem di jalanan yang rusak, berpasir, atau berlubang. Hal ini dilakukan untuk mencegah hilangnya keseimbangan karena roda depan mengunci saat direm dengan keras.

"Keempat, usahakan tidak mengerem secara tiba-tiba apabila melihat lubang di depan mata kita. Angkat sedikit pinggul dari jok dan lewati lubang tanpa mengerem tiba-tiba," kata Agus.

Saat melewati lubang, pastikan pegangan tangan harus kuat ke setang. Tapi, kalau lubang terlalu besar maka sebisa mungkin menghindar ke arah yang paling aman.

"Terakhir, ingat tujuan berkendara adalah selamat sampai di tujuan. Jadi selalu cari aman dengan menjaga kecepatan dan tidak terburu-buru di jalan terutama saat melewati jalan yang kondisinya banyak lubang," kata Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/08/072200515/musim-hujan-awas-banyak-lubang-yang-bisa-mencelakai-pengendara-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke