Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Video Dump Truk Terbalik Saat Turunkan Pasir

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian truk terbalik atau muatan truk yang tumpah tidak luput mewarnai dari kegiatan kendaraan niaga. Seperti pada cuplikan video yang baru-baru ini yang menampilkan satu unit dump truk pengangkut pasir terbalik saat menurunkan muatan.

Saat menurunkan muatannya, truk yang mengangkut pasir tersebut kehilangan kesembaingan begitu bak sedang diangkat. Alhasil, dump truk tersebut oleng sehingga terbanting ke samping.

Cuplikan video ini diunggah oleh akun Instagram @romansasopirtruck dan sudah mendapatkan lebih dari 3.000 like.  Hanya saja tidak disebutkan secara jelas dimana lokasi dan kejadian ini terjadi.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan jika kejadian pada video tersebut bisa saja disebabkan oleh SOP pembokaran barang yang tidak tepat dari pengemudi.

“Titik berat muatan harus dihilangkan secara perlahan saat unloading (pembokaran barang) karena ada keterbatasan kemampuan engsel hidrolik pada bak dan sasis truk. Tujuannya adalah agar keseimbangan truk terjaga,” kata Sony kepada Kompas.com, Senin (6/3/2023).

Maka dari itu Sony menyarankan, agar tidak alami kejadian seperti ini, pengemudi atau sopir truk seharusnya melakukan clear area dan pastikan telah bertumpu pada jalan yang rata.

Sony menekankan, proses penurunan muatan secara cepat belum tentu aman karena dapat membuat truk berat sebelah atau belakang.

Alhasil pada saat itu truk jadi hilang keseimbangan dan terjadi seperti yang ada di video tersebut.

“Kalau dari pengamatan saya, ada dua kemungkinan. Pertama karena hidrolik pada truk rusak sehingga tidak mau berhenti teratur. Faktor yang kedua karena pengemudinya pemula, sehingga tidak paham SOP yang tepat seperti apa saat menurunkan muatan dari dump truk,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/06/134354215/viral-video-dump-truk-terbalik-saat-turunkan-pasir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke