Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Menangani Motor Mogok Usai Terjang Banjir

Ketinggian air berkisar antara 30 sampai 60 sentimeter itu membuat sejumlah motor mogok di sebelah kiri jalan dari arah Pasar Petir menuju kawasan pemukiman warga.

Dikutip dari Kompas.com, Senin (27/2/2023), sepeda motor milik seorang warga Cipondoh bernama Arif (50) mengalami mogok lantaran memaksakan diri menerobos banjir.

“Biasanya enggak (mogok) nih. Tapi karena hujan semalam baru banjirnya begini, biasanya enggak pernah meski terobos banjir,” kata dia.

Perlu dipahami, sepeda motor menjadi kendaraan yang rawan mengalami mogok saat dipaksa menerjang banjir.

Tidak sedikit pemilik kendaraan roda dua yang langsung berusaha untuk menghidupkannya, usai mesin mengalami macet, padahal langkah tersebut tidak tepat untuk dilakukan.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, sepeda motor yang mengalami mati mesin saat menerjang banjir sebaiknya jangan langsung dinyalakan. Upaya menghidupkan mesin dalam kondisi motor baru saja terendam banjir bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

“Sebaiknya, jangan langsung berusaha untuk menghidupkannya, dikhawatirkan jika baterai atau komponen kelistrikan motor masih banyak air,” ujar Endro.

Menurut Endro, jika air sampai masuk ke ruang bakar dan mesin kendaraan tetap dinyalakan tidak menutup kemungkinan motor justru bisa rusak.

Selain itu, potensi permasalahan lain yang bisa terjadi ketika sepeda motor dipaksa menerjang genangan air banjir yakni air bercampur dengan oli mesin. Kondisi ini bisa berbahaya karena pelumas yang sudah bercampur dengan air akan mengganggu sirkulasi pelumas di dalam mesin.

“Bagi pemilik kendaraan yang tahu soal mesin, bisa dilakukan pemeriksaan komponen sendiri. Mulai dari bagian kelistrikan, saringan udara, busi, knalpot, baterai, sampai karburator jika motornya belum injeksi,” kata Endro.

Tetapi, jika memang tidak paham mengenai mesin sepeda motor maupun kelistrikan kendaraan sebaiknya langsung dibawa ke bengkel terdekat. Dengan membawa kendaraan ke tempat yang lebih kompeten akan mengurangi risiko terjadinya kerusakan yang lebih parah.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/28/114200615/begini-cara-menangani-motor-mogok-usai-terjang-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke