Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya, Jangan Mengemudi Sambil Main HP

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara sambil bermain gadget seperti menjadi kebiasaan dan tuntutan aktivitas orang zaman sekarang. Padahal sangat berisiko terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sebab, konsentrasi mengemudi terganggu bahkan sampai tidak fokus memperhatikan kondisi jalan. Hasilnya, merugikan diri sendiri dan pengguna jalan lain. 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, penguasaan kendaraan berkurang dan kemampuan reaksi menurun akibat konsentrasi terbagi. Sangat dilarang, pengemudi tidak mampu mengendalikan kendaraan karena tidak siap. 

"Fokusnya ke HP, pengereman mendadak enggak melihat. Pengendara mau belok kaget sendiri, risikonya di depan, samping, dan belakang," kata Sony. 

Sanksi yang diberikan pada pelanggaran tersebut yaitu tilang dengan denda sebesar Rp 750.000, sebagaimana diatur Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 

Risikonya sama besar, pengemudi yang berkendara sembari menggunakan gawai tidak berbeda dengan mengemudi dalam pengaruh minuman beralkohol dan narkotika. 

"Berkendara di jalan tidak konsentrasi, bahaya yang ditimbulkan sama besarnya. Membahayakan nyawa diri sendiri dan orang lain bisa dituntut berdasarkan hukum di Indonesia," kata Sony. 

Founder & Training Director Jakarta Defensive (JDDC) Driving and Consulting Jusri Pulubuhu menyarankan, sesibuk apapun kondisi aktivitas sebaiknya tetap menunda mengoperasikan gawai demi keamanan dan keselamatan. 

"Bisa nanti sambil berhenti, bila ada telepon masuk di tolak. Pesan apapun walaupun urgent tetap enggak ada urgensinya ketimbang keselamatan," kata Sony. 

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/25/091200615/bahaya-jangan-mengemudi-sambil-main-hp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke