Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejarah SUV Mewah Lexus RX di Dunia dan Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Lexus RX resmi melundur di Indonesia. Mobil hadir dalam tiga pilihan, yaitu Lexus RX 450h+ Luxury berjenis PHEV, Lexus RX 350h Luxury berjenis hybrid, dan Lexus RX 350 bermesin bensin.

Lexus RX merupakan model SUV mewah asal Jepang yang sudah hadir sejak 1998. Sejak saat itu nama Lexus RX menjadi rujukan buat medium luxury SUV yang mengedepankan kenyamanan dan kemewahan

Saat ini Lexus RX sudah hadir dalam lima generasi.

Generasi Pertama (1998 - 2003)

Pada tahun 1998, versi produksi massal Lexus RX 300 diluncurkan dan sukses menjadi model terlaris dalam jajaran produk Lexus. Saat itu, separuh dari total penjualan Lexus berasal dari model RX. Semasa eksistensinya selama 5 tahun, Lexus RX 300 generasi pertama berhasil terjual sebanyak 370 ribu unit secara global.

Generasi Kedua (2003 - 2007)

Lexus RX generasi kedua hadir pada Februari 2003, sebulan setelah diperkenalkan pada Detroit Motor Show. Mobil ini menawarkan sebuah SUV luxury yang semakin canggih baik dari segi performa, efisiensi, dan desain.

Pada generasi kedua, Lexus RX hadir dengan mesin 3.0 liter, konfigurasi V6, dan transmisi otomatis 5-percepatan. Pada varian tertinggi, terdapat pilihan penggerak four-wheel drive dan suspensi udara yang dapat dikontrol otomatis.

Pada 2005, Lexus memperkuat posisinya dengan menawarkan pilihan teknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV) melalui sistem Lexus Hybrid Drive pada model Lexus RX 400h.

Sistem hybrid pada model ini berbasis mesin V6 dan motor listrik yang digabungkan dengan transmisi CVT. Hadir sebagai Luxury SUV hybrid pertama, Lexus RX 400h dapat beroperasi dengan sistem hybrid seri atau paralel.

Model inilah yang kemudian menjadi rujukan pengembangan hybrid EV Lexus di generasi berikutnya.

Generasi Ketiga (2008 - 2015)

Tokyo menjadi saksi lahirnya Lexus RX generasi ketiga. Melalui gelaran Tokyo Auto Show 2007, Lexus mengadopsi bahasa desain Lexus L dengan ciri khas Spindle Grille. Lexus menerapkan versi peningkatan dari sistem Lexus Hybrid Drive dengan menghadirkan Lexus RX 450h.

Berbasis menggunakan mesin V6 3,5 liter dan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 299 tk atau setara dengan mesin 4,5 liter namun lebih rendah emisi.

Generasi Keempat (2015 - 2022)

Lexus RX generasi keempat melakukan debut secara global di New York International Auto Show 2015. Lexus mentransformasi RX dengan pembaruan desain yang lebih mewah dan body baru dengan wheelbase yang lebih panjang. Lexus mempertegas DNA nya pada setiap detail mobil.

Tidak hanya itu, Lexus juga memperkuat performa dan menambah teknologi safety, termasuk Lexus Safety System+ (LSS+) yang inovatif.

Generasi Kelima (2022)

The All New Lexus RX tampil perdana secara global pada Juni 2022. Pada momen ini, RX mencatatkan sejarah dengan mengamankan angka penjualan global sebesar lebih dari 3,5 juta unit.

Generasi kelima Lexus RX ini dikembangkan dengan fokus pada High Quality Comfort dan Majestic Performance, menjadikannya sebuah Medium Luxury SUVyang mengedepankan kenyamanan namun tetap mewah dan berkelas.

Lexus RX di Indonesia

Lexus RX pertama kali hadir di Indonesia pada 2009 dengan peluncuran Lexus RX 350. Dilanjutkan dengan kehadiran Lexus RX 450h di tahun 2014. Pada tahun 2016, varian RX 200t yang merupakan generasi keempat Lexus RX hadir di Tanah Air.

Setelah itu, versi penyegaran dari Lexus RX generasi keempat dengan model RX 300 turut hadir. Pada Februari 2023, The All New Lexus RX resmi hadir di Indonesia, dengan banyak perubahan mulai dari segi tampilan, fitur, dan varian teknologi elektrifikasi baru.

Hadirnya generasi kelima ini menandakan bahwa untuk pertama kalinya RX kembali memberikan terobosan baru dengan menyediakan jajaran eletrifikasi paling lengkap yang ditujukan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan pelanggan Lexus di Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/22/100200915/sejarah-suv-mewah-lexus-rx-di-dunia-dan-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke