Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan untuk Menyalip, Ini Fungsi Bahu Jalan Tol yang Benar

JAKARTA, KOMPAS.com - Bahu jalan tol memang kerap terlihat sepi atau lebih lenggang daripada lajur utama, apalagi ketika kondisi jalan padat. Bagi pengendara yang tidak bisa bersabar, maka jalan itu kerap dijadikan pilihan untuk mendahului kendaraan di depannya.

Selain bisa melesat lebih cepat, melaju di lajur yang kosong tentu lebih menyenangkan. Tapi, bahu jalan sebenarnya bukan lajur yang disediakan pengguna jalan tol untuk mendahului.

Lantas, apa fungsi bahu jalan tol yang benar?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan ada beberapa fungsi bahu jalan yang sesuai aturan pemerintah.

“Fungsi bahu jalan yang sebenarnya adalah untuk escape, patroli, ambulans, kendaraan berhenti karena rusak, bahu jalan bukan jalan tapi ruang untuk darurat,” ucap Sony kepada Kompas.com, Senin (18/2/2023).

Berhubung sudah ada aturannya, maka pengguna perlu mentaati aturan tersebut karena dengan demikian kompetensi mengemudi bisa terlaksana dengan baik.

“Ketidakmampuan pengemudi dalam menerjemahkan fungsi bahu jalan dan karakter kendaraan sering memicu terjadinya kecelakaan, rata-rata pengemudi melewati bahu jalan karena ingin mendahului,” ucap Sony.

Sementara itu, aturan penggunaan bahu jalan tol telah tertulis pada Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol pada Pasal 41 Ayat 2.

Penggunaan bahu jalan diatur sebagai berikut :
a. Digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat.
b. Diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat.

c. Tidak digunakan untuk menarik/menderek/mendorong kendaraan.
d. Tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang, dan (atau) barang dan (atau) hewan.
e. Tidak digunakan untuk mendahului kendaraan.

Jadi, setelah mengetahui apa fungsi bahu jalan tol diharapkan masyarakat lebih bijak dalam berkendara demi terciptanya lalu lintas yang tertib dan minim kecelakaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/20/151200215/bukan-untuk-menyalip-ini-fungsi-bahu-jalan-tol-yang-benar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke