Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penjelasan Toyota Indonesia Soal Rencana Produksi Yaris Cross Hybrid

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia dikabarkan tengah menyiapkan amunisi baru di segmen SUV ringkas kelas B. Model baru ini rencananya berstatus produksi lokal dan punya opsi teknologi hybrid.

CEO, Asia Region Deputy Chief Officer, Sales Financial Business Group, Toyota Motor Corporation Hao Quo Tien pernah mengatakan Toyota sedang menyiapkan produk hybrid terbaru di segmen B, khususnya untuk membantu Indonesia menuju era kendaraan elektrifikasi.

"Kami bekerja keras untuk membawa banyak model hybrid di pasar kendaraan B segmen, khususnya untuk menjadikan jalan bagi Indonesia menuju era elektrifikasi," ujar Hao beberapa waktu lalu di Thailand.

Melanjutkan pernyataan itu, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono pun mulai angkat bicara kalau di masa mendatang TMMIN akan menambah model hibrida rakitan lokal.

"Tentu saja, itu sudah pasti kita akan menambah model hibrida untuk diproduksi di Indonesia. Sesuai dengan pernyataan Hao tahun lalu di Thailand," ungkap Warih saat bertemu dengan KOMPAS.com di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 pekan lalu.

Warih menjelaskan, tentunya dengan menambah produksi lokal model hybrid ini akan membantu Indonesia beralih ke era kendaraan elektrifikasi. Bahkan, bukan cuma pasar domestik melainkan melakukan ekspor ke sejumlah negara.

Lantas, ketika ditanya model hybrid baru apa yang akan dirakit lokal di pabrik TMMIN, Warih belum mau membocorkan. Dia hanya memastikan tahun ini bakal ada mobil hibrida terbaru untuk pasar Indonesia.

"Kita tunggu saja, ini sangat menarik untuk ditunggu. Kami selalu berkomitmen memberikan yang terbaik untuk konsumen," tutur Warih.

Berdasarkan rumors, mobil hybrid yang akan diproduksi TMMIN itu adalah Toyota Yaris Cross yang menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Model itu tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni bensin 1.5L dan hybrid 1.5L.

Tentunya Yaris Cross itu berada di segmen B yang mana sesuai dengan pernyataannya Hao kalau Toyota khususnya di Indonesia akan bermain di kelas hybrid yang punya pasar cukup besar.

Ketika dikonfirmasi, Warih hanya menebar senyum sambil mengangukkan kepalanya. Jelas itu sudah menjadi tanda bahwa model hybrid baru yang akan dirakit di Indonesia adalah Toyota Yaris Cross.

Spesifikasi

Mengacu pada data yang dirilis, Yaris Cross ini suda dijual di Jepang pada September 2020, Australia di November 2020, dan Eropa pada medio 2021. Tahun ini mulai masuk pasar Filipina, Thailand, dan Indonesia.

Menyoal detail dapur pacu, mobil ini menggunakan mesin bensin M15A-FKS, dengan konfigurasi 3-silinder Dynamic Force yang diklaim bertenaga 118 dk serta torsi maksimum 145 Nm.

Adapun opsi hybrid, dibekali teknologi Toyota Hybrid System II, berupa mesin M15A-FXE dengan output kombinasi 91 dk serta torsi 120 Nm. Mesinnya dikombinasikan motor elektrik dengan baterai lithium-ion 4,3 Ah.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/20/064200615/penjelasan-toyota-indonesia-soal-rencana-produksi-yaris-cross-hybrid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke