Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penetrasi 2 Segmen Baru, Ini Target Penjualan Wuling 2023

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling optimistis dua model baru yang meluncur pada awal tahun 2023, yaitu Wuling Formo Max dan Alvez dapat mencetak dan mempertahankan penjualan di angka 30.000-an unit sampai akhir tahun.

Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors, mengatakan tidak bisa menyebut spesifik target penjualan pada 2023. Hanya menyebut kinerja penjualan tahun ini setidaknya bisa lebih tinggi dari tahun lalu.

“Tahun ini kita harapkan lebih, minimal kan segitu. Kita harapkan (penjualan) lebih dari itu. Saya sejujurnya tidak bisa sebut angka targetnya seperti apa. Tahun lalu 30.000, tahun ini sebenarnya maunya lebih dari 30.000,” kata Dian di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Tahun lalu Wuling mampu meningkatkan penjualan sebesar 29.989 unit dengan pangsa pasar 18 persen. Meski demikian peringkatnya turun ke posisi 10 mobil terlaris setelah disalip Hyundai yang mencatat 31.965 unit.

Dian mengatakan, strategi Wuling di awal 2023 ialah penetrasi ke segmen baru. Pada Januari 2023, Wuling meluncurkan Formo Max untuk menggaet segmen pikap kelas B dan pada Februari meluncurkan Alvez di SUV B.

"Pada 2023 ini strategi kami masuk ke segmen baru yang sebelumnya ada di Formo Max (niaga) ini di SUV B. Saat ini di awal tahun kami inginnya ke segmen baru," kata Dian.

Wuling terjun ke segmen pikap besar sebab karena trennya terus bertumbuh usai terdampak pandemi Covid-19. Kini, rata-rata penjualan di kelas itu sebesar 106.000 unit, berkuasa 40 persen dari total pasar kendaraan niaga.

Tetapi Dian masih enggan untuk menyebutkan target penjualan Formo Max. Sebab pertumbuhan pasar pesaing Daihatsu Grand Max PU ini cukup bergantung pada penerimaan pasar fleet alias borongan.

Adapun Alvez mengincar pada generasi muda. Tampilan keren, fitur mendukung, dan harga bersaing akan membuat Alvez jadi pilihan menarik di segmennya.

Alves diprediksi bakal menciptakan disrupsi terhadap persaingan pasar di segmen SUV ringkas. Sebab, di kelasnya, Alvez kini jadi salah satu yang paling murah.

Wuling Alvez punya tiga tipe, yaitu SE seharga Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, dan tipe EX seharga Rp 295 juta. Masing-masing punya lima pilihan warna merah, hitam, abu-abu, perak, dan putih.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/18/092200815/penetrasi-2-segmen-baru-ini-target-penjualan-wuling-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke