Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Buka Bagasi Honda Scoopy Saat Baterai Remote Habis

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Scoopy merupakan salah satu produk Honda yang cukup diminati masyarakat. Salah satu fitur unggulan yang disematkan yaitu Smart Key, jadi tidak perlu colok kunci untuk menyalakan mesin atau membuka bagasi.

Tapi sayangnya, bila baterai smart key habis, maka motor jadi sulit untuk dinyalakan, begitu juga untuk membuka bagasi. Lalu bagaimana jika terjebak dalam kondisi seperti itu?

Lewat akun TikTok welovehonda, dijelaskan bagaimana cara membuka bagasi saat baterai smart key habis. Pertama adalah membuka cover emergency key yang posisinya ada di sebelah kenop putar.

Lalu, siapkan emergency key yang ada saat awal membeli motor. Bentuknya seperti batang plastik dengan mata kunci berbentuk segi enam.

Setelah dibuka covernya, pasangkan emergency key. Tarik tuas ke bawah untuk membuka jok, sedangkan ke atas untuk kembali mengunci jok.

Jika sudah mengambil barang yang ada di dalam bagasi, maka jok bisa diamankan lagi dengan menutup jok. Lalu, tutup lagi cover emergency key agar tampilannya kembali rapi.

Perlu diingat, emergency key didapatkan saat membeli motor. Simpan dengan baik emergency key di tempat yang aman, agar mudah mencarinya saat kondisi darurat.

Tips Merawat smart Key Honda Scoopy

1. Hindari Tekanan Berlebih

Tekanan yang berlebih pada tombol di smart key dapat mengakibatkan kerusakan. Cukup tekan tombol sewajarnya saja saat menggunakan fitur yang tersedia.

2. Usahakan Tetap Kering

Air yang masuk dari sela-sela remote berpotensi menimbulkan terjadinya kerusakan akibat hubungan arus pendek. Apabila terkena air atau basah, segera keringkan sebelum digunakan.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno menyatakan, jika masih hanya terkenda sedikit air tidak masalah dan tak membuat remote korslet.

"Kalau misalkan remotenya dikantungi terus basah kena air (gerimis) kalau sedikit tidak masalah. Kalau sengaja direndam air baru rusak," katanya di Cikarang, Kamis (12/11/2020).

3. Hindari Meletakkan Remote di Bagasi

Sebaiknya hindari menaruh smart key di bagasi motor atau di rak serbaguna. Sebab, dapat berpotensi tertinggal dan motor bisa saja dinyalakan orang lain.

"Posisi remote lebih baik dikantongi. Asal jangan ditaruh di motor," ujar Endro.

4. Hindari Radiasi Elektromagnet

Jangan meletakkan smart key di dekat benda-benda yang memiliki radiasi elektromagnet yang tinggi, seperti microwave, mixer, tower pemancar radio, dan lainnya. Sebab, dapat berpotensi mengganggu sinyal atau frekuensi remote smart key.

5. Simpan dan Rahasiakan ID Tag

Tiap smart key dilengkapi dengan ID Tag. Simpan dan jangan beritahukan kode ID Tag pad siapa pun. Fungsi ID Tag untuk menghidupkan motor dalam kondisi darurat, registrasi tambahan saat semua Honda Smart Key hilang dan registrasi immobilizer ID saat Smart Control Unit diganti.

"Kalau kunci remote cadangan masih ada bisa untuk mendaftarkan remote baru. Kalau dua-duanya hilang (tidak ada/rusak), konsumen bisa daftarkan lewat barcode," kata Endro.

Jika tidak ada barcode atau ID Tag yang bisa digunakan untuk identifikasi, maka tetap masih bisa. Hanya saja kemungkinan paling buruk harus ganti smart control unit (SCU).

"Kalau hilang semua kondisi terburuk harus ganti SCU, itu sudah satu set dengan remote. ECM (engine control unit) juga harus ganti. Proses pergantian tak lama paling setengah jam," ujar Endro.

6. Simpan Smart Key Cadangan di Rumah

Cukup membawa satu remote smart key. Jika kehilangan, masih ada cadangan di rumah.

7. Posisi Off

Saat sampai di tempat tujuan, pastikan saklar starter dalam posisi Off. Agar sinyal yang menghubungkan smart key dan motor terputus.

8. Beri Jarak 2 Meter antara Remote dan Motor

Saat motor tidak digunakan atau diparkir, pastikan remote dan motor berjarak lebih dari 2 meter. Bisa juga dengan mematikan remote dengan menekan tombol on/off pada remote.

"Saran saya ketika mesin mati, posisi alarm off. Ditekan lama, lalu tunggu lampu indikator berwarna merah. Tujuannya untuk menghindari pencarian sinyal ke remote," kata Endro.

Komunikasi sinyal radio remote dan sepeda motor dapat mengakibatkan aki menjadi drop atau soak.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/13/165059015/cara-buka-bagasi-honda-scoopy-saat-baterai-remote-habis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke