Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adu Desain Mobil Hibrida, Wuling Almaz Vs Toyota Corolla Cross

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mobil listrik, mobil elektrifikasi lainnya ialah mobil hybrid alias hibrida. Berbagai merek pun mulai menjajakan mobil berpenggerak dua mesin sebagai salah satu solusi mobilitas ramah lingkungan.

Dari segmen medium sport utility vehicle (SUV) ada dua nama yang bisa disejajarkan, yaitu Wuling Almaz Hybrid dan Toyota Corolla Cross Hybrid. Walaupun secara proporsi bodi, Corolla Cross bisa juga dibilang crossover.

Kelebihan dan kekurangan masing-masing sudah pernah dibahas. Kini Kompas.com akan membandingkan keduanya dari sisi desain terlebih dahulu. Sebab desain merupakan faktor besar seseorang membeli mobil.

Secara tampilan luar, Wuling Almaz Hybrid masih segaris dengan versi mesin konvensional. Namun tidak terlalu sulit membedakannya dengan versi mesin berbahan bakar bensin yaitu Almaz RS Pro.

Bagian depannya terlihat agresif dengan DRL tepat di bawah kap mesin. Sementara lampu utamanya, tetap ditempatkan di bagian bumper depan.

Almaz Hybrid memiliki garis biru di bagian bumper depan hingga di sekeliling lampu proyektor. Logo RS tetap disematkan pada bagian gril. Bedanya adalah logo tersebut berwarna biru bukan merah seperti pada Almaz RS Pro.

Beralih ke samping garis bodinya terkesan sederhana. Namun itu yang membuat tampilan Almaz terkesan besar dan beralih ke belakang desain lampunya cukup manis.

Adapun Corolla Cross Hybrid menjadi produk ke-7 dalam keluarga kendaraan elektrifikasi Toyota di pasar dalam negeri. Daya tarik mobil ini ialah desain yang terkesan gagah tanpa menghilangkan rasa mewah.

Secara keseluruhan, desain Corolla Cross Hybrid tak jauh berbeda dari versi konvensionalnya. Punya garis kaku, tegas, serta agresif dengan gril besar membuat mobil tampak bisa menaklukkan seluruh medan jalan.

Hanya saja pada logo di muka terdapat iluminasi berwarna biru sebagai identitas atas kendaraan ramah lingkungan berteknologi hibrida.

Lalu di sepasang mata sipit LED proyektornya juga ada sedikit aksen serupa. Di bawahnya, terdapat lampu kabut membulat yang menjamin visibilitas solid di beragam kondisi jalan termasuk jalan berkabut.

Dari samping mobil ini tampil berotot. Ada ornamen krom sebagai bingkai bagian atas jendela sekaligus garis atap. Pelindung bodi bagian bawah, berupa cladding berwarna gelap dan roof rail, penanda identitasnya sebagai SUV.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/10/100200315/adu-desain-mobil-hibrida-wuling-almaz-vs-toyota-corolla-cross

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke