Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 6 Ruas Tol yang Bakal Terapkan Transaksi Nirsentuh Tanpa Berhenti

JAKARTA, KOMPAS.com – Uji coba sistem transaksi tol nirsentuh tanpa berhenti akan segera dilakukan. Rencananya, bakal ada enam ruas tol yang akan melakukan uji coba tersebut pada Desember 2023.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sekretariat BPJT Kementerian PUPR Ali Rachmadi, mengatakan, uji coba sistem transaksi tol nirsentuh nontunai atau Multi Lane Free Flow (MLFF) yang pertama direncanakan di Tol Bali Mandara pada Juni 2023.

"Ada lima ruas tol setelah Tol Bali Mandara. Rencana uji coba sepenuhnya untuk tambahan lima ruas tersebut pada Desember 2023," ujar Ali dalam diskusi daring yang diselenggarakan Instran (7/2/2023).

Lima ruas tol yang menjadi prioritas untuk dilakukan uji coba setelah Tol Bali Mandara, di antaranya adalah Tol Balikpapan - Samarinda, Tol Jagorawi, Tol Jakarta - Cikampek, Tol JORR (termasuk Ulujami-Pondok Aren-Serpong), dan Tol Dalam Kota.

Artinya, bakal ada total enam ruas jalan tol yang akan melakukan uji coba sistem transaksi tol nirsentuh nontunai atau MLFF.

Seperti diketahui, uji coba MLFF di Tol Bali Mandara dilakukan untuk menjajal sistem bayar tol nirsentuh tanpa berhenti, sebelum diterapkan di beberapa tempat lainnya.

"Kami lihat dulu sistemnya teruji atau belum. Kalo memang sudah teruji semua baru kami rilis untuk ruas selanjutnya secara bertahap," kata Ali.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/08/170942115/ini-6-ruas-tol-yang-bakal-terapkan-transaksi-nirsentuh-tanpa-berhenti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke