Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uji Konsumsi Bahan Bakar Nissan Kicks e-Power, Tembus 14 Kpl

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Kicks e-Power belum lama ini mendapat penyegaran tepatnya pada ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) September 2022 lalu.

Mengusung konsep SUV ringkas, mobil hybrid dari Nissan ini mendapat penyegaran yang lebih segar mulai dari setor depan hingga belakang yang dikemas lebih modern dan futuristis.

Secara spesifik, Nissan e-Power dibekali dengan baterai berkapasitas 2.06 kWh dengan estimasi berkendara lebih jauh 30 persen dengan mode EV.

Mobil ini juga mendapat peningkatan tenaga dibanding versi sebelumnya, dari 127 Hp menjadi 134 Hp dan torsi dari 260 Nm menjadi 280 Nm.

Sementara untuk mesin bensin tiga silinder 1.200 cc, tenaganya 77 Tk serta torsi sebesar 103 Nm.

Redaksi pun diberi kesempatan untuk mengetes Nissan Kicks e-Power selama beberapa hari. Pengujian termasuk menghitung berapa konsumsi bahan bakar dari SUV asal Jepang yang dibanderol Rp 519 juta itu.

Untuk konsumsi bahan bakar yang diukur, meliputi rute dalam kota. Perhitungan menggunakan MID yang ada di instrument cluster dan diisi dengan bahan bakar RON 92.

Hasil konsumsi bahan bakar dalam kota, Nissan Kicks e-Power mendapat angka 14.0 kilometer per liter (kpl). Hasil ini didapat dengan mobil melaju di daerah perkotaan sejauh 62,4 km dengan rata-rata kecepatan atau average speed 22 kpj.

Kondisi jalan yang dilalui didominasi oleh macetnya jalan Ibu Kota pada jam pulang kerja, dengan rute dari Jakarta Barat ke Selatan, lalu lanjut ke Jakarta Timur.

Bisa dibilang, hasil konsumsi BBM tersebut cukup irit. Salah satu hal yang membuat mobil ini hemat bahan bakar adalah teknologi hibrida dari Nissan e-Power dan fitur auto hold, serta kapasitas mesin yang tidak terlalu besar yakni 1.200 cc.

Namun tentu saja angka tersebut tidak bisa dijadikan patokan, mengingat banyak faktor yang memengaruhi masalah konsumsi bahan bakar, mulai dari kondisi jalan, jarak tempuh, gaya berkendara, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, beban barang yang dibawa di kabin, dan sebagainya.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/08/151200615/uji-konsumsi-bahan-bakar-nissan-kicks-e-power-tembus-14-kpl

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke