Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Astra Motor Ganti Nakhoda

JAKARTA, KOMPAS.com - Pucuk pimpinan Toyota Astra Motor (TAM) mengalami pergantian. Susumu Matsuda yang menempati posisi Presiden Direktur TAM sejak 2020 digantikan oleh Hiroyuki Ueda.

Pergantian ini berlaku efektif per 1 Februari 2023. Adapun Ueda bukan nama baru di Toyota Global. Pria asal Jepang tersebut sebelumnya bertugas sebagai Presiden Toyota Motor Vietnam.

Ueda mengatakan, setelah menjabat sebagai Presiden Direktur TAM, dia dan seluruh tim akan terus menjaga performa Toyota, baik di tingkat nasional yaitu di Indonesia maupun kawasan Asia Tenggara.

“Meski bukan pertama kali saya menjadi Presiden Toyota di negara ASEAN. Posisi Indonesia sebagai market leader di pasar otomotif ASEAN serta segala diversitasnya menjadi tantangan tersendiri," kata Ueda dalam keterangan resmi, Rabu (8/2/2023).

"Bersama seluruh tim, kami akan terus menghadirkan Mobility for All lewat ever better cars untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia,” ucap Ueda.

Ueda mengawali karier dengan bergabung Toyota Motor Corporation (TMC) pada 1989. Menekuni bidang sales & product planning, kariernya menanjak hingga dua kali menjabat sebagai presiden di dua benua yang berbeda.

Di bawah kepemimpinannya sebagai Presiden Toyota Motor Vietnam dari 2020-2023, penjualan Toyota di Vietnam bisa tumbuh positif 35 persen pada 2022 dibanding 2021 dalam periode yang sama.

Sebelum memegang Vietnam, Ueda menjabat sebagai President Toyota de Venezuela pada tahun 2017, sebelum kembali dipanggil ke Toyota Motor Corporation (TMC) sebagai General Manager di Best in Town Department.

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur TAM, mengucapkan terima kasih kepada Matsuda, yang sejak 2020 telah mencapai berbagai milestone penting bersama meski di tengah situasi pandemi Covid-19 yang cukup menantang.

Termasuk di antaranya perayaan 50 tahun Toyota di Indonesia serta beberapa peluncuran kendaraan elektrifikasi seperti Toyota bZ4X serta Kijang Innova Zenix yang diproduksi lokal.

"Dan, selamat datang kepada Ueda-san, sebagai President Director TAM yang baru. Semoga, bersama-sama kita bisa terus bersinergi untuk menghadirkan mobilitas terbaik bagi pelanggan Indonesia,” kata Henry.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/08/131703215/toyota-astra-motor-ganti-nakhoda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke