Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bocoran Fitur Daihatsu Ayla Generasi Terbaru

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otomotif asal Malaysia Perodua, belum lama ini meluncurkan teaser generasi terbaru dari Axia. Mobil ini merupakan kembaran dari Daihatsu Ayla yang ada di Indonesia.

Dikutip dari Paultan.org, Selasa (7/2/2023), Axia akan menggunakan platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dengan kode D74A. Perubahannya cukup signifikan dibanding model sebelumnya.

Soal mesin, Axia dibekali mesin EEV dengan transmisi D-CVT. Spesifikasi tersebut diketahui dari brosur yang beredar. Namun, tidak disebutkan juga apakah akan dibekali dengan turbo atau tidak.

Terdapat tambahan fitur Power Mode dan Eco Idle, ubahannya kurang lebih seperti yang diterima oleh All New Sirion di Indonesia.

Axia juga semakin modern dengan penyematan lampu depan yang sudah mengadopsi teknologi LED. Lampu tersebut juga dilengkapi dengan Daytime Running Light (DRL).

Selanjutnya, spion juga sudah bisa menekuk otomatis secara elektrik. Meskipun, hanya pada varian tertentu saja. Fitur canggih lainnya yang disematkan adalah keyless entry.

Ubahan lainnya yang menjadi sorotan adalah bagian interior. Panel instrumennya sudah menggunakan layar TFT berukuran tujuh inci. Pada brosur juga menunjukkan 3D ring tachometer. Untuk head unit, dibekali dengan layar sentuh berukuran sembilan inci model floating.

Bagian jok juga dibuat berbeda, di mana varian G dan X yang menjadi varian terbawah dibekali dengan jok yang headrest-nya menyatu. Sementara varian SE dan AV yang merupakan varian teratas, joknya model semi bucket seat dan headrest terpisah.

Fitur keselamatan pasif turut mengalami peningkatan. Axia sekarang sudah dilengkapi enam airbag. Sementara untuk fitur keselamatan aktif, Advanced Safety Assist (ASA) tetap disematkan. Bahkan, pada varian tertinggi disebutkan akan disematkan fitur Lane Keeping Assist, Blind Spot Monitoring, dan Adaptive Cruise Control.

Spesifikasi tersebut memang diperuntukkan untuk Perodua Axia Malaysia. Meski begitu tak menutup kemungkinan generasi terbaru dari Ayla juga akan hadir dalam waktu deket di Indonesia dengan mengusung ubahan yang tidak jauh berbeda dengan Perodua Axia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/08/091200715/bocoran-fitur-daihatsu-ayla-generasi-terbaru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke