Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Wuling Air ev, Tampil Menarik dengan Permainan Decal

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik Wuling Air ev saat ini punya status sebagai yang terlaris di kelasnya. Dengan segala keterbatasannya, justru mendorong para pemilik mobil berdimensi mungil ini untuk modifikasi sehingga lebih menarik.

Sebagian ada yang mencoba mengganti peleknya, menambahkan roof box di atap, atau bahkan mengubah cat untuk membuat tampilan luar terasa berbeda.

Berbeda dengan yang dilakukan oleh Muhammad Azka, yang memodifikasi sepasang Air ev miliknya hanya dengan permainan decal. Kedua mobil listrik tersebut dilapisi decal bergaya taksi dan mobil polisi di New York, Amerika Serikat.

"Awalnya di Juni 2022 saat saya liburan ke New York, di sana saya melihat taksi New York dan mobil-mobilnya New York Police Department (NYPD), terutama yang mobilnya kecil-kecil kayak yang mobil Smart, sama mobil kecil utk tilang parkir," ujar Azka, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Azka menambahkan, dirinya mulai tertarik dengan Air ev pada awal Desember 2022. Sebab, mobil listrik tersebut banyak dibicarakan di mana-mana, hingga beberapa temannya ada yang membelinya juga.

"Sejak itu saya jadi agak penasaran dan sedikit tertarik dengan Wuling Air ev. Sejujurnya, saya hanya iseng beli Air EV untuk mengobati rasa penasaran," kata Azka.

Azka mengaku, dirinya memang selalu ingin tampil beda jika memiliki mobil. Dia pun teringat taksi di New York dan terinspirasi untuk mengaplikasikan desainnya ke Air ev.

"Alasan saya membeli versi standard range karena ingin dimodif seperti taksi, di mana umumnya mobil yang digunakan taksi adalah versi mobil yang paling terjangkau, dan memiliki kelengkapan fitur paling minim, juga agar lebih terlihat taksi. Sebab, yang standard range masih menggunakan lampu depan halogen kuning," ujar Azka.

"Pada minggu pertama saya beli, saya langsung desain decal sendiri dan mengacu ke foto-foto taksi New York tahun '80-an di internet. Modif Wuling NYC Taxi hanya decal di body, menempelkan Taxi Sign di roof, dan pasang dop klasik gitu," kata Azka.

Azka menambahkan, dirinya sudah sekitar dua pekan menggunakan Air ev, dia penasaran juga dengan yang versi long range. Sebab, memiliki layar yang lebih lebar dan fitur-fitur lain yang bisa digunakan.

"Karena itu, saya beli lagi yang versi long range, karena saya ingin modif juga supaya berbeda. Saya modif seperti NYPD police car yang saya juga lihat saat liburan. Detail decal saya buat sendiri, dan posisi penempatan stikernya saya lihat di internet supaya semakin persis seperti aslinya," ujarnya.

"Modifikasi Wuling Air ev long range warna putih saya menggunakan decal NYPD, strobo merah biru dengan bentuk strobo mirip seperti aslinya. Tapi, digunakan hanya saat nongkrong, tidak digunakan harian, dan ditambah dop pelek juga," kata Azka.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/07/100200015/modifikasi-wuling-air-ev-tampil-menarik-dengan-permainan-decal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke