Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Motor Listrik Bekas per Februari 2023 mulai Rp 8 Jutaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren dan minat masyarakat terhadap motor listrik semakin bertambah dari tahun ke tahun. Pada 2023, jumlah pengguna motor listrik berpotensi meningkat.

Selain karena stigma motor listrik yang dijuluki lebih ramah lingkungan dibandingkan motor konvensional, pemerintah juga menerapkan insentif bagi konsumen yang membeli motor listrik.

Harga yang ada di pasaran pun cukup beragam tergantung dari model, kapasitas baterai, dan fitur yang ditawarkan.

Rentang harga motor listrik keluaran terbaru berkisar antara mulai Rp 9 jutaan untuk model skutik ringkas, hingga Rp 30 juta ke atas untuk model besar.

Lantas apakah motor listrik bekas sudah banyak tersedia? Berdasarkan penelusuran redaksi di diler motor bekas online dan offline, ternyata motor listrik bekas tidak terlalu sulit dicari, walaupun jumlahnya juga tidak terlalu banyak.

Alasan dari sedikitnya diler yang menyediakan motor listrik bekas adalah sikap konsumen yang baru pada tahap berminat pada motor listrik, namun belum memiliki ketertarikan untuk membeli.

"Mereka (konsumen) baru tertarik saja tapi enggak ada minat buat beli, setidaknya untuk saat ini. Skutik ringkas 125 cc masih jauh lebih populer," ujar Haris Juniardi, pemilik dari diler Karya Motor pada Kompas.com, Sabtu (4/2/2023).

Hal tersebut akhirnya mempersulit pedagang karena motor lama terjual. "Satu motor listrik bisa 2 bulanan baru laku, beda dengan misalnya Honda Beat yang bisa laku dalam hitungan hari," ujar Haris.

Kendati demikian, pemilik diler motor yang sudah buka sejak 2008 itu mengaku optimis jika daya beli masyarakat terhadap motor listrik akan meningkat, mengingat trend 2023 yang mengarah pada motor listrik.

"Sekarang motor listrik sudah mulai viral, mungkin sekitar 6 bulan sampai 1 tahun lagi penjualan moor listrik bekas bisa stabil," ujarnya.

Untuk daftar harga motor listrik bekas yang kini tersedia di pasaran, berikut rangkumannya :

  • Ecgo 2 tahun 2021, harga Rp 8 juta
  • U-Winfly Golden turtle tahun 2022, harga Rp 8 juta
  • U-Winfly T3 tahun 2022, harga Rp 11,5 juta
  • Volta 401 tahun 2022, harga Rp 12,5 juta
  • Smoot Tempur facelift tahun 2022, harga Rp 12,5 juta
  • Viar Q1 tahun 2022, harga Rp 14 juta
  • United T1800 tahun 2022, harga Rp 21,9 juta

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/04/194200015/harga-motor-listrik-bekas-per-februari-2023-mulai-rp-8-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke