Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hati-hati Maling, Begini Tips Aman Parkir Mobil di Hotel

JAKARTA, KOMPAS.com – Insiden kehilangan mobil bisa terjadi di mana saja. Paling baru, kejadian seperti ini terjadi di parkir hotel. Tempat yang selama ini dianggap aman untuk meninggalkan kendaraan.

Padahal dengan banyaknya petugas yang berjaga, ditambah dengan lokasi parkir yang aman serta kondusif, banyak yang mengira hotel adalah tempat yang baik untuk parkir.

Seperti kejadian viral dalam video yang diunggah akun Instagram @christ_ryan pada Januari lalu. Diketahui bahwa mobil pemilik akun tersebut hilang di sebuah lobi hotel di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Menanggapi kejadian ini, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, sering kali kita terlena dengan penampilan petugas parkir resmi, dengan mengikuti arahan bahkan menyerahkan kunci mobil pribadi ketika valet.

“Setiap kali kita akan parkir, yang menentukan aman atau tidaknya itu kita. Jangan percaya sama orang lain, sekalipun petugas resmi. Karena risiko rusak atau hilang biasanya mereka tidak tanggung jawab,” ujar Sony, kepada Kompas.com (4/2/2023).

“Di hotel berbintang, mall, kantor kita sering terlena dengan penampilan petugas yang terlihat memiliki skill dan bertanggung jawab, padahal belum tentu,” kata dia.

Sony pun tidak menyarankan pengemudi untuk menggunakan fasilitas parkir valet. Menurutnya, memarkirkan kendaraan sendiri jadi ide yang lebih baik.

Selain itu, jangan lupa untuk memasang kunci tambahan. Misal kunci setir, untuk mempersulit maling ketika hendak mengambil mobil kita.

“Kalau saya tidak pernah mempercayakan kunci mobil pribadi ke petugas valet. Saya lebih memilih sendiri lokasi kendaraan untuk parkir. Itu bentuk kepedulian dan kecintaan saya terhadap aset pribadi,” ucap Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/04/174200415/hati-hati-maling-begini-tips-aman-parkir-mobil-di-hotel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke