Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengelola Mal Bakal Siapkan Parkiran Khusus Kendaraan Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com – Penjualan kendaraan listrik di dalam negeri pada sepanjang tahun 2022 berhasil tumbuh signifikan dibandingkan periode sebelumnya. Pengelola properti pun sudah siap untuk menyiapkan lokasi parkir khusus kendaraan listrik pada sejumlah mal di Jakarta.

Diolah dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dibanding tahun sebelumnya, pertumbuhan pasar kendaraan listrik Januari-Desember 2022 naik 5 kali lipat atau 548 persen menjadi 20.396 unit.

Sehingga saat ini, penguasaan pasar kendaraan listrik terhadap total penjualan mobil di Indonesia sebesar 1,9 persen. Lebih tinggi dari segmen mobil sedan yang berada pada level 0,7 persen.

Stefanus Ridwan, Presiden Direktur PT Pakuwon Jati Tbk, salah satu grup properti ternama mengatakan, pihaknya bakal mengkomodasi kebutuhan para pemilik kendaraan listrik.

“Kita sudah sudah deal sama Hyundai, buat ngecas kendaraan listrik. Di Gandaria City Mall, Kota Kasablanka Mall, sama Blok M Plaza,” ujar Stefanus, kepada Kompas.com (3/2/2023).

“Itu motor juga bisa, kita lagi usahakan juga buat motor kalau ada. Jadi mobil bukan Hyundai aja, semua merek bisa,” kata dia, yang juga Anggota Dewan Pembina APPBI (Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia).

Meski begitu, ia belum bisa merinci berapa kapasitas tempat parkir kendaraan listrik yang bakal tersedia di mal-mal Pakuwon Grup.

Sementara itu, fasilitas parkir kendaraan listrik ini kabarnya juga akan segera hadir di beberapa mal di Jakarta.

Seperti diketahui, belum lama ini mal Pacific Place juga telah menyediakan lokasi parkir yang terintegrasi dengan SPKLU dari Shell.

“Kalau di APBBI tergantung anggotanya. Soalnya kalau sekarang banyak mau pasang charger station, mereka malah menawarkan gratis, malah ada yang menawarkan nanti mereka bayar juga, buat promosi kendaraan listrik,” kata Stefanus.

“Jadi sekarang sedang ramai, saya kira nanti hampir semua mal ada. Sudah mulai banyak. Sekarang kita dari Pakuwon Group juga lagi persiapan untuk pasang,” ujar dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/04/132200015/pengelola-mal-bakal-siapkan-parkiran-khusus-kendaraan-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke