Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penting Memberi Jalan kepada Kendaraan Prioritas yang Dikawal Polisi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 sedang berlangsung di Daerah Istimewa Yogyakarta sejak 2-5 Februari 2023. Sehingga kemungkinan akan banyak terjadi pengawalan dari polisi kepada kendaraan prioritas yang melintas di beberapa titik lokasi acara ATF 2023.

Peserta pertemuan delegasi dalam ATF tidak hanya dihadiri oleh negara-negara ASEAN. Tapi juga beberapa negara mitra seperti ASEAN Plus Three (Jepang, Korea, Tiongkok), India, Rusia, dan beberapa organisasi internasional lainnya seperti UNWTO, PATA, WTTC, ASEANTA, dan US-ABC.

Sebagai pengguna jalan, kita perlu waspada dan menyadari bahwa penting memberikan jalan kepada kendaraan prioritas yang dikawal polisi. Apa saja manfaatnya?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, memberikan jalan kepada kendaraan prioritas yang dikawal polisi termasuk wujud menjaga keselamatan diri dalam berkendara.

“Tewasnya pengendara karena tertabrak rombongan kendaraan prioritas sepatutnya menjadi pembelajaran untuk kita semua, bahwa memberikan jalan kepada kendaraan prioritas itu penting demi keselamatan bersama,” ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (27/1/2023).

Dia mengatakan ketika pengendara mendengar atau melihat ada sirine rombongan kendaraan prioritas maka sepatutnya saat itu juga langsung menepi.

“Dengan langsung menepi maka akses untuk kendaraan prioritas lebih cepat terbuka, sehingga lalu lintas dapat kembali lancar dan aman,” ucap Sony.

Dia juga berpesan kepada pengendara untuk senantiasa berperilaku aman seperti tidak mengenakan headset dan tetap fokus dalam berkendara.

“Jangan sampai ketika ada rombongan kendaraan prioritas kita kaget atau panik, karena itu akan membahayakan diri dan pengguna jalan lain,” ucap Sony.

Dia mengatakan tidak perlu juga mengikuti rombongan kendaraan prioritas yang dikawal polisi karena itu termasuk hal yang melanggar aturan dan membahayakan.

“Pengendara yang berusaha masuk rombongan kendaraan prioritas yang dikawal polisi secara ilegal akan terlihat arogan karena gaya berkendara yang tidak sama dengan kesepakatan, yakni kecepatan lajunya, merusak urutan dan manuver yang dilakukan,” ucap Sony.

Jadi, demi menjaga keselamatan diri dan pengguna jalan lain penting sekali memberikan jalan kepada kendaraan prioritas yang dikawal polisi selain sikap tersebut merupakan kewajiban kita selaku pengguna jalan.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/03/121200915/penting-memberi-jalan-kepada-kendaraan-prioritas-yang-dikawal-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke