Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Prediksi Mobil Baru yang Bakal Melantai di IIMS 2023

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif tahunan, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 resmi akan diselenggarakan di Jakarta International Expo (JiExpo) Kemayoran, Jakarta, pada 16-26 Februari 2023 mendatang.

Diramaikan oleh 40 pabrikan otomotif roda empat dan dua, sejumlah kejutan dipastikan hadir di lantai pameran tersebut. Termasuk produk mobil baru baik dari pabrikan Jepang sampai China.

Tercatat, sedikitnya diprediksi ada lima mobil anyar yang bakal hadir di IIMS 2023. Sehingga sektor otomotif tahun ini bakal semakin ramai meski terdapat bayang-bayang negatif di global, yaitu ancaman resesi.

Lebih lanjut, berikut prediksi lima mobil baru yang kabarnya dirilis sejumlah perserta IIMS 2023;

Mobil Murah Kembar Ayla-Agya

Rumors pertama, diluncurkannya produk mobil murah kembar yang merupakan Low Cost Green Car (LCGC), yaitu Daihatsu Ayla dan Toyota Agya.

Informasi ini, datang dari sumber Kompas.com yang mana kendaraan tersebut siap untuk dikenalkan ke publik pada Februari 2023. Sehingga besar kemungkinan, ajang IIMS 2023 menjadi lantai peluncurannya.

Menyandang status All New, baik Ayla maupun Agya mengalami perubahan signifikan di bagian eksterior maupun interior. Mobil bahkan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), sama seperti Rocky-Raize.

Soal dapur pacu, kedua mobil nantinya menggunakan mesin 1.000 cc dengan kode WA-VE dengan konfigurasi 3-silinder, yang mampu mengembuskan tenaga 87 tk dan torsi 113 Nm.

Selanjutnya, mengenai sistem transmisi Agya-Ayla generasi kedua ini juga bakal mengadopsi teknologi yang sama pada Raize dan Rocky, yaitu transmisi otomatis model Continuously Variable Transmission (CVT).

Wuling Alvez

Sebagai upaya meningkatkan kinerjanya tahun ini, Wuling Indonesia memastikan akan menghadirkan beberapa lini produk baru. Salah satu kejutan tersebut, bakal dihadirkan pada gelaran IIMS 2023.

Kepastian itu, diungkapkan Brand and Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani beberapa waktu lalu. Besar kemungkinan, produk dimaksud ialah Wuling Alvez sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) kelas menengah.

"Kami menyiapkan beberapa lini produk baru dan fokus kepada model-model yang telah dihadirkan sampai saat ini," kata dia, Selasa (17/1/2023).

Kehadiran Alvez di Indonesia, awalnya terungkap pada situs resmi PDKI Kemenhumkam yang mana, kendaraan sudah didaftarkan sejak 13 Agustus 2022 dengan nomor permohonan DID202206541.

Kemudian dugaan semakin diperkuat dengan tertangkapnya dua unit SUV berkamuflase dengan logo Wuling yang sedang diuji jalan di daerah Kalimalang, Jakarta Timur. Dari tampilannya, mobil mirip Xingchi alias Alvez.

Suzuki Grand Vitara

Prediksi mobil terbaru yang akan melantai di IIMS 2023 selanjutnya ialah Suzuki Grand Vitara yang dibawa PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Rumor ini, diperkuat dengan suatu unggahan siluet sampingnya yang diunggah Instagram resmi perseroan.

"Iya (di IIMS akan ada produk baru), yang pasti kami akan fokus pada segmen SUV di tahun ini," kata Donny Saputra, 4W Marketing Director SIS kepada Kompas.com.

Dihubungi secara terpisah, beberapa diler resmi Suzuki kini sudah membuka pemesanan awal untuk Grand Vitara. Diperkirakan, mobil dibanderol dengan kisaran Rp 350 juta sampai Rp 400 juta.

"Grand launching tanggal 14 Februari 2023. Booking fee-nya minimal Rp 5 juta," kata tenaga penjual tersebut.

Subaru WRX

Masih dari pabrikan otomotif Jepang, All New Subaru WRX dipastikan bakal melantai di gelaran IIMS 2023. Bahkan, perseroan sudah merilis gambar penggoda-nya di Instagram resmi belum lama ini.

Produk legendaris tersebut, meluncur pada November 2021 lalu secara global dan sudah dijual di pasar Jepang dan Amerika Serikat pada 2022. Jika masuk ke Indonesia, maka akan menjadi world premiere di kawasan Asia Tenggara (Asean).

Dalam rilis global, model ini mengusung generasi terbaru mesin Boxer 2.4L turbo dan platform global Subaru terbaru.

Mesin boxer itu menghasilkan tenaga 271 hp dan torsi 349 Nm. Transmisinya ditawarkan dalam dua pilihan yakni manual enam percepatan dan VTD-AWD.

Chery Omoda 5

Merek China lainnya, Chery akan membawa calon mobil terbaru untuk pasar Indonesia yakni Omoda 5. Model yang dipamerkan nanti dikatakan telah mengalami penyesuaian, dalam artian model untuk produksi massal.

Zhang Wei, Executive Vice President PT CSI mengatakan, pihaknya melihat potensi besar Omoda 5 untuk pasar Indonesia, terutama segmen anak muda.

"Para anak muda urban yang tumbuh di era globalisasi dengan perkembangan teknologi pesat, akan melihat Omoda 5 sebagai kendaraan yang mampu merepresentasikan karakter mereka. Untuk itu, dalam waktu dekat Omoda 5 akan segera masuk ke Indonesia," ucap Zhang dalam keterangan resminya, Jumat (13/1/2022).

Omoda 5 merupakan SUV lima penumpang yang memiliki panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.585 mm, dan jarak sumbu roda 2.630 mm.

Mesinnya terdiri dari dua varian, yakni 1.600 cc TGDI dengan tenaga 194 hp dan torsi 290 Nm, serta 1.500 cc TCI dengan tenaga 155 tk dan torsi 230 Nm.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/03/090200815/5-prediksi-mobil-baru-yang-bakal-melantai-di-iims-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke