Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bocoran Konsumsi BBM Generasi Terbaru Ayla, Tembus 27,4 Kpl

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otomotif asal Malaysia Perodua, baru saja meluncurkan teaser generasi terbaru dari Axia. Mobil ini merupakan kembaran dari Daihatsu Ayla yang ada di Indonesia.

Dikutip dari Paultan.org, Selasa (31/1/2023), Perodua merilis informasi pendahuluan yang memperlihatkan tampilan lampu utama Axia anyar yang sudah mengadopsi teknologi LED dan Daytime Running Light (DRL). Desainnya terlihat lebih modern dan dinamis dibandingkan model sebelumnya.

Kabarnya, Axia terbaru bakal menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dengan kode D74A. Perubahanya cukup signifikan dibandingkan model sebelumnya.

Sementara itu, untuk sektor jantung pacu, Axia bakal dibekali mesin EEV dengan D-CVT. Hanya saja tidak disebutkan apakah mesin yang dimaksud adalah mesin turbo atau tidak.

Diprediksi, Perodua bakal mengusung mesin 1KR-VE 1.0 L tiga silinder VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga 67 Tk dan torsi 91 Nm. Pilihan transmisinya hanya tersedia D-CVT, tidak ada pilihan transmisi manual.

Sebagai informasi, D-CVT merupakan singkatan dari Dual-Mode CVT, sistem CVT gigi terpisah pertama di dunia. Pada dasarnya, unit ini menggabungkan penggerak sabuk dengan penggerak roda gigi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, akselerasi saat berkendara, dan kesenyapan.

Penggunaan girboks ini juga diklaim membuat konsumsi bahan bakar Perodua Axia lebih irit. Masih menurut sumber yang sama, Perodua Axia memiliki konsumsi bahan bakar 25,3 Km per liter (kpl), bahkan sampai 27,4 Kpl dengan sistem start-stop otomatis ECO Idle.

Angka tersebut berdasarkan Malaysian Driving Cycle (MDC), dengan kondisi jalan setempat. Hasil konsumsi bahan bakar bisa saja berbeda, tergantung dari gaya berkendara si pengemudi dan jalan yang dilalui.

Selain itu, Perodua Axia anyar juga bakal dibekali dengan fitur keselamatan yang mumpuni, seperti enam airbag dan Advanced Safety Assist (ASA). Bahkan di varian tertinggi disebut akan ada fitur Lane Keeping Assist, Blind Spot Monitoring, dan Adaptive Cruise Control.

Spesifikasi tersebut memang diperuntukkan untuk Perodua Axia Malaysia. Meski begitu tak menutup kemungkinan generasi terbaru dari Ayla juga akan hadir dalam waktu dekat di Indonesia dengan mengusung ubahan yang tidak jauh berbeda dengan Perodua Axia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/01/074200915/bocoran-konsumsi-bbm-generasi-terbaru-ayla-tembus-27-4-kpl

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke