Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rumor Suzuki Access EV Jadi Calon Motor Listrik Pertama

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki telah mengumumkan akan memperkenalkan sepeda motor listrik pertamanya pada tahun 2024. Rumor menyebutkan bahwa model pertamanya adalah Suzuki Access EV yang bersiap meluncur di India.

Seperti diketahui, hampir semua pabrikan roda dua Jepang telah mengungkap inisiatif elektrifikasi mereka. Sementara Suzuki memang terbilang telat mengumumkannya.

Apalagi, Suzuki belum benar-benar merinci tentang portofolio motor listriknya yang akan datang. Namun, kemungkinan itu tampaknya sebuah skuter listrik berkapasitas kecil yang ditargetkan untuk pasar Asia.

Dilansir dari RideApart (30/1/2023), motor listrik pertama Suzuki diprediksi adalah versi listrik dari Suzuki Access yang sangat populer.

Selain ringan dan mudah dikendarai, Access juga sangat terjangkau untuk dibeli dan dirawat. Ciri-ciri yang kemungkinan besar akan diwarisi oleh motor listrik yang tengah disiapkan.

Meski begitu, rencana Suzuki meluncurkan EV tidak berakhir dengan skuter kecil. Terlebih lagi, Suzuki berencana meluncurkan 8 model motor listrik sampai 2030.

Selain menyasar segmen skutik, diperkirakan Suzuki juga bakal menyiapkan versi listrik dari GSX-R dan GSX-S.

Namun demikian, penting untuk dicatat bahwa Suzuki belum memiliki rencana untuk menghentikan secara bertahap sepeda motor bertenaga bensinnya.

"Kami berencana meluncurkan delapan model pada 2030 dengan rasio kendaraan listrik dan konvensional mencapai 25 persen dari lini produk," tulis keterangan resmi Suzuki (27/1/2023).

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/31/090200815/rumor-suzuki-access-ev-jadi-calon-motor-listrik-pertama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke