Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Motor Corporation Jadi Perusahaan Otomotif Terlaris di Dunia

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2022 bisa dikatakan masih diwarnai dengan pandemi Covid-19. Meskipun, roda ekonomi sudah mulai bergerak kembali.

Tahun lalu, Toyota ternyata berhasil menjadi pabrikan otomotif terlaris di dunia. Penjualannya bahkan hampir mencapai 10,5 juta unit di seluruh dunia.

Dikutip dari Global.toyota, Senin (30/1/2023), Toyota Motor Corporation (TMC) berhasil melampaui penjualan dari Volkswagen Group, yang hanya berhasil mengukuhkan 8,3 juta unit di 2022. Pencapaian tersebut turun tujuh persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Penjualan Volkswagen Group menurun juga dikarenakan adanya krisis cip semikonduktor. Namun, masalah cip semikonduktor, Toyota pun merasakannya.

Secara global, penjualan Toyota sedikit menurun. Tapi, produksinya di seluruh dunia meningkat 5,3 persen hingga 10.610.604 unit.

Angka tersebut memang didapat tidak hanya dari penjualan Toyota saja. Tapi, digabung dengan dua anak perusahaan lainnya, yakni Daihatsu Motor Co., Ltd. dan Hino Motors, Ltd.

Kekurangan suku cadang masih menyulitkan Toyota, memaksa perusahaan untuk menghentikan operasi di pabriknya di Republik Ceko pada Februari.

Pabrik di Kolin tempat para pekerja merakit Aygo X dan Yaris akan hiatus mulai 31 Januari hingga akhir bulan depan.

Rencana produksi global disesuaikan setiap bulan karena kendala pasokan. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, Toyota berniat membangun 10,6 juta kendaraan pada 2023, jadi hampir sama jumlahnya dengan tahun lalu.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/30/182411215/toyota-motor-corporation-jadi-perusahaan-otomotif-terlaris-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke