Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Biaya Murah Bikin Akselerasi Honda PCX Bertambah

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beragam variasi yang bisa dilakukan ketika memodifikasi Honda PCX. Variasi tersebut umumnya berupa penggantian atau bahkan perombakan total pada komponen tertentu.

Dari segi harga, ubahan pada komponen roller dan pulley CVT adalah jenis variasi yang terbilang mudah dan murah untuk skutik bongsor tersebut.

"Modif paling standar buat CVT itu ganti roller. Biayanya murah tapi terasa peningkatannya," ujar Sumantri Tawijaya, pemilik bengkel modifikasi Jaya Motors kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

"Selain roller, pulley juga bisa diganti. Harga masih terbilang murah," jelas pira yang akrab disapa Koh Jaya ini.

Menurut koh Jaya, modifkasi bagian roller dan pulley bisa meningkatkan performa CVT motor sebesar 10 persen sampai 20 persen. Peningkatan yang paling terasa adalah pada akselerasi motor.

"Pasti tarikan akselerasi awal akan lebih terasa. Bisa lebih cepat dan bertenaga," ujarnya.

Produk suku cadang roller dan pulley CVT untuk keperluan variasi Honda PCX juga banyak beredar di pasaran. Harganya pun cukup beragam, mulai dari Rp 80.000 sampai Rp 160.000 untuk roller, dan Rp 600.000 sampai Rp 1 juta untuk pulley.

"Banyak banget merknya. Contohnya roller, yang paling basic ada dr pulley, daytona, dan CLD. Kalau mau yang racing ada UMA, TDR, dan lainnya," ucap koh Jaya.

Lebih lanjut, koh jaya menyarankan orang-orang yang ingin melakukan modifikasi CVT untuk berdiskusi dulu dengan mekanik supaya bisa ditemukan preferensi yang sesuai.

"Mereka (konsumen) butuh untuk keperluan apa? Misalnya mau dipakai harian, touring, atau sekedar menambah kecepatan saja. Nanti penanganan dan jenis komponennya akan disesuaikan," ujarnya.

Jika preferensi sudah ditemukan, modifikasi bisa dimulai. Proses pengerjaannya pun terbilang singkat, hanya sekitar 1-2 jam saja untuk pemasangan komponen roller dan pulley CVT.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/30/174100915/biaya-murah-bikin-akselerasi-honda-pcx-bertambah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke