Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memilih Honda NSR Bekas, Cek RC Valve dan Bodi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda NSR 150 saat ini memang menjadi motor yang cukup menjanjikan sebagai bahan investasi. Hal ini dikuatkan dengan harga bekasnya melonjak naik setiap tahunnya.

Misalnya untuk NSR 150R saja yang tahun lalu dijual berkisar Rp 30 juta sampai Rp 40 juta, kini dibanderol Rp 50 juta dalam kondisi istimewa. Begitu juga berlaku pada jenis NSR lain seperti R, RR, dan SP.

Bagi yang sekarang baru mau mencari Honda NSR 150 bekas, bisa dibilang belum terlambat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mau memboyong motor sport dua tak buatan Honda ini ke rumah.

Tommy Patria, Pemilik Bengkel Patria Techno, spesialis NSR mengatakan, semua tipe NSR secara umum sama komponen yang harus dicek ketika mau membelinya.

"Untuk semua tipe sama, seperti pertama, RC Valve itu masih hidup atau enggak," ucap Tommy kepada Kompas.com, Minggu (29/1/2023).

RC Valve atau Revolutionary Controlled Valve merupakan komponen yang mengatur besaran lubang buang secara elektronis. Jadi katup tadi dibuka berdasarkan gas, baik di rpm rendah dan tinggi agar mendapat performa yang maksimal.

"Kedua, bodi, abs atau enggak (fiber)? Karena mungkin dulu pernah jatuh, jadi kalau bodinya orisinal, RC Valve bener, normal, itu saja," kata Tommy.

Tips lainnya, kalau periksa mesin bisa dibicarakan secara langsung. Nantinya bisa merembet untuk spesifikasi mesinnya seperti apa, komponen yang digunakan ori atau tidak, jadi memang lebih baik untuk cek fisik langsung.

"Kalau bahannya di luar daerah, minta foto detail dan video. Lalu lebih spesifika saja, lebih bawel minta foto atau video ke penjual," kata Tommy.

Sedangkan jika mau datang langsung, lebih baik bawa kenalan orang yang memang mengerti Honda NSR. Hal ini untuk menghindari risiko tertipu dengan komponen yang dibilang orisinal padahal tidak.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/30/151200815/tips-memilih-honda-nsr-bekas-cek-rc-valve-dan-bodi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke