Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Merokok dan Main Ponsel di Lampu Merah Mengundang Jambret

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral memperlihatkan pengemudi mobil dijambret saat sedang lampu merah. Pengemudi membuka sedikit kaca yang tiba-tiba didekati seseorang yang langsung merampas ponsel.

Jambret yang memakai helm tersebut kemudian langsung kabur berlawanan arah. Adapun sang pengemudi yang terlihat bingung turun dari mobil tapi tidak bisa mengejar sebab masih terjebak lampu merah.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, Jakartasiana, kejadian tersebut terjadi di Gunung Sahari, Jakarta Pusat dan terekam oleh kamera mobil di belakangnya.

"Waktu itu sekitar jam 8 malam. Saya di lampu merah Cempaka Mas tapi di bawah flyover yang ke kanan ke Kelapa Gading. Saya buka sedikit kaca karena merokok. Tiba-tiba ada orang langsung ngambil ponsel saya," kata Alex kepada Kompas.com, Selasa (24/1/2023).

"Kejadiannya sudah lama 2017. Saya dalam posisi tidak siap. Jambretnya itu kemudian kabur ke arah berlawanan (nyebrang jalan) dia sudah ditunggu oleh temannya yang naik motor," kata Alex.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, menjelaskan, pengemudi tidak boleh lengah saat berhenti di tempat yang bukan merupakan tempat istirahat termasuk di lampu merah.

“Dalam kondisi berhenti bukan tempatnya beristirahat, tetap pantau sekeliling untuk bersiap-siap menghindari bahaya,” ucap Sony kepada Kompas.com.

Kemudian, di lampu merah hindari kebiasaan membuka kaca dan mengeluarkan barang berharga di dalam mobil karena dapat memancing tindak kejahatan.

“Tidak melakukan atau mempertontonkan aktivitas yang mengundang kejahatan, seperti bertelpon, SMS, buka-buka dompet atau tas, atau laptop. Sembunyikan barang-barang berharga,” kata dia.

Menggunakan kaca film juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga keamanan di dalam mobil karena keadaan kabin tidak mudah terlihat oleh orang-orang yang berada di luar mobil.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/25/092200515/merokok-dan-main-ponsel-di-lampu-merah-mengundang-jambret

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke