Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manisnya Desain Body Bus Tingkat PO Harapan Jaya, Jetbus 2+ SDD

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada awal 2023, redaksi Kompas.com mencoba lakukan perjalanan dari Jakarta ke Solo dengan naik bus AKAP. Pilihan jatuh pada PO Harapan Jaya dengan armada bus tingkat atau double decker.

Soal harga, bus tingkat PO Harapan Jaya terdiri dari tiga kelas, pertama eksekutif di dek atas dengan tiket dibanderol Rp 280.000. Kemudian ada eksekutif plus di bawah (Rp 390.000), dan sleeper Rp 535.000 yang ada di dek bawah.

Setelah menukar tiket di agen PO Harapan Jaya Pondok Pinang, keluar kode SB06 yang menandakan busnya. Ketika datang, bus yang digunakan adalah unit awal-awal double decker di Indonesia, Jetbus 2+ SDD buatan Karoseri Adiputro.

Untuk unit dari Harapan Jaya, Jetbus 2+ SDD tersebut dilabur dengan warna putih dan oranye khas PO asal Tulungagung ini. Putih di bagian atas dan oranye pada bagian bawah memberikan livery yang kalem, menambah kesan elegan.

Soal desain, bus yang diluncurkan pada GIIAS 2015 tersebut punya model yang elegan. Bisa dilihat di lampu depan, memakai model yang tipis, memberi aksen manis ditambah dengan foglamp yang senada desainnya dengan bumper.

Kemudian pada bagian kaca, tentu memakai model double glass, satu untuk dek bawah dan satu atas. Model bando yang digunakan Jetbus 2+ SDD ini juga bisa dibilang masih simpel dan ukurannya besar.

Kalau dari samping, tampak selendang yang sangat panjang, tarikannya dari pintu depan sampai ke dek atas dan dilanjutkan ke bagian belakang samping. Selain itu, bisa dilihat juga lukisan delapan kuda di bagian samping, tepatnya di pintu bagasi.

Lalu, ada tulisan juga seperti Harapan Jaya, serta stiker sasis yang digunakan, yakni Scania K410iB dengan opticruise transmission.

Sedangkan di bagian belakang, cenderung polos saja, warna putih mendominasi dengan ada tulisan Harapan Jaya. Sedangkan bagian yang oranye cuma bisa dilihat pada bumper.

Secara desain, bodi belakang Jetbus 2+ SDD ini memang simpel, lampu kombinasi belakang masih kecil ukurannya. Lalu, pada bagian bumper juga ada empat lubang knalpot yang ukurannya tidak terlalu besar, jadi makin kalem.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/20/130100215/manisnya-desain-body-bus-tingkat-po-harapan-jaya-jetbus-2-sdd

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke