Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Angkat Wiper Mobil Saat Parkir, Apakah Ada Gunanya?

SEMARANG,KOMPAS.com - Ritual angkat wiper seperti menjadi kebiasaan umum saat mobil parkir. Bagi sebagian pemilik mobil, wiper yang terangkat ke atas dianggap menghindari karet wiper cepat rusak. 

Tapi, ada konsekuensi lainnya yang lebih parah, yaitu, kerusakan komponen pegas wiper. Perbaikan yang dibutuhkan lebih mahal dan kerusakan komponen tersebut bahkan membuat wiper malfungsi. 

Seperti disampaikan Kepala Bengkel Honda Gajah Mada Semarang Nanang. Menurut dia, wiper secara fungsi bergerak ke segala arah faktornya karena pegas yang mencengkeram erat dan kuat. 

"Itu kan ada semacam pegas. Dari besi dan bila sering di angkat, terkena angin kencang kan lemah lama-lama. Negatifnya sering angkat wiper ya pegasnya yang kalah," ucap Nanang. 

Level kerusakan yang terjadi juga dikategorikan sedang, dan berat. Pada kondisi normal, wiper seharusnya bisa bergerak mengikuti kecepatan yang dibutuhkan oleh pengemudi. 

Untuk kerusakan sedang, nantinya kata Nanang, sapuan air di kaca akan melemah secara bertahap. 

"Bila dibiarkan ada kemungkinan pegas wiper terlepas. Enggak bisa digunakan menyapu air, mirip kasus kerusakan dinamo, cuma ini di mekanikalnya," katanya. 

Karet wiper yang sering diangkat juga lebih berisiko. Hal itu dikatakan Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana. 

Menurut Andika, konsekuensi negatif wiper yang sering diangkat adalah struktur karet gampang berubah karena terpapar sinar matahari langsung. 

"Air yang menempel di kaca belum bersih. Khusus di model wiper blade, struktur karet yang berubah. Jadi mudah ditempeli kotoran. Kaca bisa rusak buram atau baret," kata Andika. 

Guna mencegah kerusakan serius, Andika menyarankan, sebaiknya tak mengangkat wiper saat parkir. Karet wiper nantinya lebih awet dan tahan lama.

Karet wiper tidak akan mudah getas, dan pegasnya pun juga tidak akan mudah mengalami penurunan kekuatan.

"Ada manfaat tapi konsekuensinya juga perlu diperhatikan. Sama-sama setiap 6 bulan ganti, ambil dampak baiknya saja. Konsekuensinya hampir mirip, karet getas berisiko menyebabkan kaca rusak," tambahnya. 

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/20/062200115/angkat-wiper-mobil-saat-parkir-apakah-ada-gunanya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke