Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Chery Sebut Pasar Mobil Setir Kanan Perlu Strategi Khusus

Presiden Direktur PT Chery Motor Indonesia, Shawn Xu, mengatakan, meski demikian Chery mesti memikirkan langkah yang tepat sehingga tidak salah sasaran.

"Pasar setir kanan untuk negara-negara Asia memerlukan strategi terpadu sehingga saya (Shawn) mengelola Chery di beberapa negara yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, dan negara-negara Asia lainnya," kata Shawn saat telekonferensi, Selasa (17/1/2023).

"(Chery) tidak hanya berjuang di satu negara saja untuk mewujudkan investasi besar," kata dia.

Shawn mengatakan, selain pasar yang besar, Chery yakin bisa menjadi pemain atau merek mobil yang berpengaruh di kawasan.

"Chery memiliki potensi yang tinggi untuk pasar ini dan bisa sukses, karena pasar Afrika Selatan telah membuktikan bahwa kami sangat sukses dan kami percaya dapat diikuti oleh Indonesia dan pasar lain dengan usaha terbaik yang terus kami lakukan," kata dia.

Karena itu ke depan, Shawn mengatakan, Chery akan membuat pabrik di Indonesia. Chery dikabarkan bakal menginvestasikan 1 miliar dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 15 triliun untuk membangun pabrik.

Shawn mengatakan ada beberapa faktor yang membuat prinsipal Chery yakin untuk membuat pabrik dan menjadikan Indonesia sebagai hub pusat manufaktur.

"Kenapa kami memilih pasar Indonesia untuk menjadi hub pusat manufaktur untuk Chery. Ada beberapa pertimbangan. Pertama, negara ini dari segi ekonomi dan potensi, pasar ini memiliki pertumbuhan yang potensial dan juga volume besar bisa terjual di pasar ini," kata dia.

Pabrik di Indonesia nantinya akan menjadi pusat produksi mobil setir kanan dan diekspor ke seluruh negara yang menganut setir kanan, seperti Australia, Malaysia, Singapura, hingga Brunei Darussalam.

Sementara pabrik di China, nantinya akan menjadi pusat produksi mobil setir kiri, di mana produk mobil yang dihasilkan nantinya akan di impor ke negara-negara yang menggunakan setir kiri.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/19/101200515/chery-sebut-pasar-mobil-setir-kanan-perlu-strategi-khusus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke