Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ragam Diskon Mobil Baru Awal Tahun 2023 Tembus Puluhan Juta Rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal tahun baru 2023 sejumlah diler mobil memberikan penawaran menarik. Namun catatan Kompas.com mayoritas diskon besar sudah habis dan untuk mobil produksi 2022.

Di segmen LCGC contohnya, wiraniaga dealer Toyota Jakarta Timur mengatakan, diskon Toyota Agya di awal tahun tidak besar. Sebab potongan harga besar sudah berlangsung akhir tahun lalu untuk model 2022.

"Desember 2022 itu sampai Rp 12 juta, tapi kalau untuk sekarang tidak ada soalnya harga tidak naik, diskon hanya Rp 5 jutaan tapi masih bisa nego," kata wiraniaga tersebut kepada Kompas.com, Senin (16/1/2023).

Kondisi serupa juga terjadi di diler Honda Seorang tenaga penjual Honda di Jakarta yang mengajukan potongan Rp 10 juta hingga Rp 11 juta untuk Brio Satya tahun lalu kini tidak sebesar itu.

Untuk segmen low multi purpose vehicle (LMPV) atau MPV murah. Mitsubishi Xpander diskon mulai Rp 10 juta - Rp 20 juta. Kemudian Daihatsu Xenia, potongan harga yang diberikan Rp 19 jutaan sampai Rp 24 jutaan.

“Untuk Xenia diskonnya mulai dari Rp 19 juta, maksimal Rp 24 juta,” ucap salah satu tenaga penjual Daihatsu di Jakarta Selatan, Minggu (15/1/2023).

Kemudian Toyota Avanza. MPV murah yang dijuluki mobil sejuta umat ini diskon Rp 30 jutaan. Namun kini per Januari 2023 pilihan mobil yang masih dapat diskon akhir tahun tinggal sedikit.

Salah satu wiraniaga diler Auto2000 di Bogor, Jawa Barat, menyatakan, diskon besar Avanza sudah berlangsung sejak akhir tahun lalu dan saat ini sudah habis yang tersisa tinggal Veloz itu pun hanya tipe Q.

"Veloz tinggal tipe Q. Rata-rata sudah pada habis di Auto2000. Avanza G dan E habis," kata dia.

"Veloz tipe Q warna putih saja. Diskon Rp 25 juta kalau (VIN) 2022. Memang segitu itu sudah besar kalau yang 2023 cuma Rp 7 juta. Veloz di angka sekitar Rp 10 juta (diskon aslinya) kalau 2022," ungkap dia.

Di segmen Sport utility vehicle (SUV) kompak alias bodi ringkas dengan harga sampai Rp 300 jutaan makin disukai masyarakat. Sejumlah merek mulai menghadirkan pilihan di kelas ini untuk mencari pasar baru.

Model yang paling terkini meluncur yaitu Honda WR-V yang melakukan debut secara global atau world premiere di Indonesia, November 2022.

Tahun baru 2023 belum ada diskon tetap yang diberikan ke calon konsumen. Wiraniaga diler resmi Honda mengatakan, paling mentok potongan harga WR-V hanya Rp 5 juta.

Itu pun bersifat tentatif atau bisa saja berubah mengingat tahun depan harga mobil bakal disesuaikan kembali tergantung pajak daerah.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/16/172947315/ragam-diskon-mobil-baru-awal-tahun-2023-tembus-puluhan-juta-rupiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke