Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Aman Membeli Pelek Motor Bekas

BANDUNG, KOMPAS.com - Pelek sepeda motor bekas kerap dijumpai di pasaran. Pasalnya satu motor bisa saja gonta-ganti komponen ini untuk mengobati rasa bosan.

Tidak bisa dipungkiri, dengan melakukan ubahan pada pelek maka tampilan sepeda motor bisa berubah cukup drastis. Sehingga, banyak pelek motor bekas di pasaran.

Namun, tidak semua pelek bekas dijual dengan kondisi bagus. Lantas, bagaimana tips memilih pelek motor bekas?

Pemilik Mohammad Toha Racing Bandung Galih, mengatakan untuk membeli pelek motor bekas perlu diperhatikan bentuknya, ukuran serta harganya.

“Pelek sepeda motor bisa dijual dengan harga yang mahal, bila pelek tersebut termasuk pelek bermerek atau berbahan dasar bagus, namun bisa saja pelek tersebut pernah mengalami rusak, sehingga pembeli harus teliti,” ucap Galih kepada Kompas.com, Senin (9/1/2023).

Dia mengatakan dalam membeli pelek bekas tidak cukup dengan mengetahui merek pelek yang bagus dan bahan dasarnya, karena segala kemungkinan bisa terjadi.

“Sebaiknya calon pembeli pelek bekas memperhatikan detail pelek, apakah bentuknya masih bagus, atau ada cacat, terutama di garis lingkarannya, peang atau tidak, karena kalau pelek peang cukup parah tetap membutuhkan perbaikan,” ucap Galih.

Dia mengatakan selanjutnya, perlu diperhatikan di bagian pelek yang melingkar ada retakan atau tidak.

“Pelek sepeda motor bisa mengalami retak di bagian lingkarannya, itu bisa membuat ban tubless selalu kehabisan angin karena peleknya pecah atau bocor,” ucap Galih.

Dia mengatakan sebenarnya setiap kerusakan pada pelek bisa diperbaiki, tapi bila harganya terlalu mahal, sebaiknya dinego terutama untuk biaya perbaikannya.

“Seperti adanya retakan, itu sebenarnya bisa ditambal, peang juga bisa dipres untuk diperbaiki, hanya saja perbaikan tersebut membutuhkan biaya yang lumayan mahal, jadi perlu memperhitungkan biaya dan harga pelek, apalagi statusnya barang bekas,” ucap Galih.

Dia mengatakan setiap luka yang pernah terjadi pada pelek sebenarnya bisa dilihat meski sudah pernah diperbaiki.

“Bagi yang paham, setiap luka yang pernah diperbaiki pada pelek bisa terlihat meski sudah diperbaiki, didempul dan dicat ulang, itu cukup sulit memang tapi bisa terlihat bila teliti memeriksanya,” ucap Galih.

Jadi, dalam membeli pelek motor bekas calon pembeli perlu lebih teliti dengan memperhatikan kemungkinan kerusakannya, mulai dari peang, pecah, dan bekas perbaikannya.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/10/161200415/tips-aman-membeli-pelek-motor-bekas

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke