Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kaleidoskop 2022: Deretan Bus Tingkat yang Rilis di 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada 2022, beberapa PO bus menambah armada dengan unit bus tingkat untuk meramaikan jalanan. Perusahaan yang meluncurkan bus tingkat ini ada yang pendatang baru serta pemain lama.

Bus tingkat saat ini menjadi armada mewah yang bisa digunakan oleh penumpang. Bahkan PO menawarkan bangku sleeper sampai jumbo yang membuat perjalanan semakin nyaman.

Selama 2022, PO Agra Mas menambah unit bus tingkat Jetbus 3+ SDD. Sebelumnya, PO asal Jakarta ini juga memiliki armada bus tingkat, yakni Jetbus 2 yang sudah cukup lama digunakan.

Pada armada terbaru, desain interior yang dipilih cukup standar untuk sekelas bus tingkat. Misal di dek bawah ada bangku sleeper dan jumbo yang disusun 2-1, sedangkan di atas memakai bangku 2-2.

Kemudian ada Rosalia Indah yang merilis beberapa unit yang lagi-lagi dari Karoseri Adiputro. Bodi Jetbus 3+ SDD kembali digunakan, pada bagian kabin dibuat sama susunannya seperti unit yang sebelumnya digunakan.

Artinya di dek bawah ada first class atau bangku sleeper dan Super Top Double Decker. Sedangkan di dek atas, memakai kelas Executive Plus 2-2.

Selanjutnya ada PO Juragan99 Trans yang merilis bus tingkat Jetbus 3+ SDD namun dengan interior spesial. Bus tingkat ini dibuat berbeda kabinnya, seluruh bangku penumpang ada di atas, di bawah dibuat smoking room dan toilet, serta ada tempat istirahat pengemudi.

Untuk kabin penumpang, dipasang tiga bangku sleeper di dek atas. Kemudian sisanya, dari tengah sampai belakang ada bangku super mewah dengan berbagai fasilitas seperti AVOD, meja lipat, sampai leg rest yang bisa diperpanjang.

Lalu, ada PO Sinar Jaya yang akhirnya menambah bus tingkat. Sebelumnya PO dengan warna khas putih ini memakai bodi Jetbus 2 SDD, kemudian untuk yang baru kembali memakai Jetbus 3+ SDD buatan Adiputro.

Bukan cuma bus tingkat buatan Adiputro, tahun ini Karoseri Morodadi Prima juga merilis bus tingkat mili Safari Dharma Raya. Tampilannya seperti model Patriot dengan lampu baru yang bergaya bus Jerman.

Untuk kabin, bisa dibilang milik Safari Dharma Raya ini cukup simpel. Bangku baik di dek atas maupun bawah disusun 2-2 dengan jarak antar bangku yang lega, membuat penumpang leluasa.

Pada 2022 ini juga hadir PO baru dengan nama Indorent Unicorn yang langsung menggebrak pasar. PO di bawah naungan Indorent ini memakai bus tingkat dari dua karoseri besar, Laksana dengan Legacy SR2 Double Decker dan Jetbus 3+ SDD buatan Adiputro.

Untuk kabin pun bisa dibilang PO Indorent menawarkan sensasi mewah selama perjalanan. Di dek bawah ada bangku sleeper dan bangku dengan cangkang yang bisa disetel lewat tombol elektris.

Sedangkan di dek atas, memakai bangku jumbo yang disusun 2-1. Jadi penumpang bisa istirahat dengan nyaman dan ada sandaran kaki yang panjang.

Pada tahun ini juga Karoseri New Armada merilis bus baru milik PO Primadona. Bus yang dikelir kuning ini memakai bodi Skylander Double Decker dengan interior yang nyaman khas bus Sulawesi.

Lalu, ada Karoseri Tentrem yang merilis bus tingkat untuk dua PO, yakni Borlindo dan Kencana. Pada unit Borlindo, dek bawah diisi penuh dengan bangku sleeper, bahkan disusun bertingkat.

Sedangkan untuk Kencana, bodi Avante D2 juga dipasang bangku sleeper di dek bawah, tapi tidak sebanyak Borlindo. Pada dek atas, diisi bangku yang disusun 2-2 baik pada Borlindo maupun Kencana.

Terakhir, ada dua bus yang ikut pameran Busworld, yakni Jetbus 3+ SDD milik Gunung Harta dan Pandawa 87. Pada bagian kabin, dek bawah diisi dengan bangku sleeper dan Gunung Harta menambah smoking room di bawah.

Sedangkan di dek atas, bangku di bus Gunung Harta disusun 1-1-1 yang nyaman dengan leg rest. Kemudian milik Pandawa 87, memakai bangku yang jumbo, disusun 2-1 dengan berbagai fitur.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/31/120200215/kaleidoskop-2022--deretan-bus-tingkat-yang-rilis-di-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke