Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Strategi Polisi Hadapi Kemacetan di Jawa Barat, Catat Wilayahnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang malam pergantian tahun baru 2023, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabar menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di beberapa wilayah Jawa Barat yang menjadi tempat destinasi wisatawan.

“Secara umum kita lakukan pengaturan lalu lintas di jalur tol, arteri dan wisata. Kita sudah menyiapkan personel, pos-pos pengamanan dan cara bertindak (CB) nya,” kata Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Romin Thoyib, dikutip dari NTMC Polri, Selasa (27/12/2022).

Dia mengungkapkan ada beberapa cara bertindak yang disiapkan apabila terjadi kemacetan di malam perayaan tahun baru.

Mulai dari CB normal dilakukan pengaturan lalu lintas, CB padat dilakukan pending dan contra flow. Jika terjadi kemacetan bisa dilakukan pengalihan arus hingga one way.

“Semua sudah kita koordinasikan, bersama Kasatlantas (di Polres) dan Kapolres-kapolres juga sudah dikoordinasikan, mudah-mudahan tertib dan lancar,” ujarnya.

Romin melanjutkan, arus lalu lintas seperti di Puncak, Pangandaran, Lembang, Ciwidey hingga pusat Kota Bandung diprediksi akan mengalami kepadatan saat malam pergantian tahun nanti. Pihaknya juga telah menyiapkan cara bertindak khusus agar kemacetan tidak terlalu parah.

“Puncak sudah punya pola, akan melaksanakan one way sepenggal, ganjil genap di hari libur. Di Pangandaran juga sama, dibikinkan jalur masuk dan keluar dibedakan, di dalam dibikin satu jalur nggak ada pemotongan atau crossing, terus penyiapan parkir berkoordinasi dengan pengelola supaya tidak ada parkir sembarangan,” katanya.

“Antisipasi juga seperti di arah Lembang dan Ciwidey, kita sudah siapkan cara bertindaknya, masyarakat juga diminta kerjasamanya, jangan berpikir jalannya sendiri tapi harus pikirkan jalan lain, keselamatan bagi dirinya dan orang lain ya,” lanjutnya.

Untuk titik keramaian di Kota Bandung, Romin juga menyebut sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polrestabes Bandung untuk menyiapkan anggotanya.

Ia juga mengimbau kepada pengendara untuk memperhatikan kesehatan dan keselamatan dirinya. Serta perhatikan kondisi kendaraan dan perlengkapan berkendara, seperti peta digital dan lainnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan ada beberapa jalan alternatif untuk mengurai kemacetan, terutama di jalur wisata.

“Arus-arus yang dilalui menuju area wisata, juga sudah dipersiapkan alternatif untuk mengubah mengalihkan arus lalu lintas, tetapi pengalihannya disesuaikan dengan kondisi kepadatan arus lalu lintas yang terjadi saat itu juga,” kata dia.

Tak hanya itu, pihaknya juga meminta kepada para pengelola wisata agar menyiapkan kantong parkir.

“Kemudian kita juga berkoordinasi dengan pihak pengelola daerah wisata untuk mempersiapkan dan memperbanyak kantong-kantong parkirnya sehingga bisa memuat lebih banyak dan bisa mengatur pengunjung yang datang dan meminimalkan kepadatan arus lalu lintas,” ucap Ibrahim.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/28/182100315/strategi-polisi-hadapi-kemacetan-di-jawa-barat-catat-wilayahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke