Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Astra Otoparts Resmikan SPKLU di Bekasi, Penggunaan Masih Terbatas

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik nasional sekaligus merespons pasar elektrifikasi yang semakin agresif, PT Astra Otoparts Tbk menghadirkan jaringan pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) bernama Astra Otopower.

Hadir di enam gerai resmi Astra Otoparts, salah satunya berlokasi di Galaxy, Bekasi, Jawa Barat. Namun dalam tahapan awal sampai awal tahun depan, fasilitas tersebut baru bisa dinikmati secara terbatas yaitu khusus konsumen Astra Otoparts.

"Bertipe AC dengan kapasitas 7 kW, Astra Otopower ini dapat digunakan olh semua mobil listrik. Tapi dalam tahap awal, baru konsumen kita saja yang bisa belum komersial sampai tahun depan," kata Direktur Astra Otoparts Yusak Kristian di Bekasi, Selasa (27/12/2022).

Secara paralel, lanjut dia pihaknya juga akan terus melakukan identifikasi atas kebutuhan pelanggan kendaraan listrik alias electric vehicle (EV) dalam hal pengisian daya.

Astra Otopower juga memastikan kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam akses
pengisian daya. Pelanggan cukup datang ke salah satu dari 6 gerai tersebut dan tim Astra
Otoservice akan memandu setiap prosesnya.

Adapun lokasi lain fasilitas SPKLU itu berada Astra Otoservice Kelapa Gading, Cibubur, Fatmawati, Serpong, Meruya, dan area parkir lantai B2 Menara Astra.

"Di grup Astra Otoparts, AC ini yg terkecil (7 kW). Ada juga 50 kW di Menara Astra, serta ultrafast charger 150 kW. Untuk waktu pengisiannya, berbeda-beda tapi kalau yang 7 kW seperti home charging," ujar Yusak.

"Tarif per-kWh nya sendiri sesuai aturan pemerintah. Kita tidak bisa menentukan sendiri," lanjut dia.

Apabila konsumen tertarik untuk membeli SPKLU buatan Astra ini, pihak Astra Otoparts juga memungkinkan dilakukannya pembelian dengan harga mulai Rp 20 juta sampai Rp 800 juta ke atas bagi yang memiliki kapasitas terbesar (150 kW).

“Penggunaannya sendiri, pelanggan cukup memindai QR Code yang tertera pada mesin, kemudian login dengan mengisi beberapa data seperti nama, email dan nomor telepon seluler, lalu Astra Otopower siap digunakan,” ujar Executive in Charge Marketing PT Astra Otoparts Tbk Indra Nugraha Wisuda.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/27/132100015/astra-otoparts-resmikan-spklu-di-bekasi-penggunaan-masih-terbatas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke