Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Mobil yang Ditinggal Liburan Harus Lepas Rem Tangan?

SEMARANG,KOMPAS.com - Sebelum pergi berlibur ke luar kota pada salah satu opsinya adalah meninggalkan mobil pribadi di garasi rumah. Ada masalah mengkhawatirkan yang sering terjadi adalah rem tangan yang lengket hingga roda belakang terkunci.

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, parkir mobil berhari-hari disarankan tak menggunakan rem tangan. Pada bagian roda sebaiknya diganjal untuk mencegah mobil meluncur. 

"Enggak perlu dipasang, biarkan bebas saja. Kampas rem yang menekan terus akhirnya lengket sendiri kalau terlalu lama dibiarkan," kata Bambang kepada Kompas.com, Senin (26/12/2022). 

Kampas yang terkunci dampaknya bisa bertambah parah jika ada potensi karat. Pada umumnya hal tersebut bisa terjadi begitu mobil baru saja di cuci atau karena udara lembab terpicu hujan berkepanjangan.

Sebelum parkir dalam waktu yang lama, Bambang menyarankan, rem tangan dipastikan benar-benar lepas. 

"Mobil bisa digunakan maju atau mundur beberapa kali. Cara semacam itu memang bisa diterapkan, sehingga bagian dalam tromol dan disc brake bersih secara alami dari noda-noda karat. Kan ada gesekan-gesekan dari kaliper," ucapnya. 

Sementara itu, Foreman Nissan Setyabudi Semarang Wisnu Wardhana menjelaskan, tetap aman untuk memasang rem tangan jika parkir dalam hitungan hari. 

"Mudik atau liburan paling kan cuma 2-3 hari. Untuk safety sih tetap digunakan saja. Jika sampai roda terkunci artinya kondisi rem bermasalah," terangnya. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/27/114200115/apakah-mobil-yang-ditinggal-liburan-harus-lepas-rem-tangan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke