Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Daftar Motor yang Disuntik Mati pada 2022, Yamaha Terbanyak | Tol Cijago Seksi 3A Sudah Dibuka, Masih Gratis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2022 pasar otomotif roda dua kembali menggeliat setelah tahun 2020 dan 2021 diterjang pandemi Covid-19. Tahun ini sejumlah pabrikan roda dua mulai gencar meluncurkan produk baru.

Namun roda berputar, ada yang masuk ada juga yang keluar. Peluncuran produk baru diimbangi dengan beberapa model yang akhirnya disuntik mati atau setop produksi alias discontinue.

Catatan Kompas.com pabrikan yang paling banyak menghentikan produksi model-modelnya ialah Yamaha. Model pertama yang produksinya diberhentikan oleh Yamaha ialah Nmax model lama.

Selain itu, dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023, berbagai persiapan infrastruktur terus di tingkat seperti beroperasinya 8 jalan tol fungsional baru untuk mendukung arus lalu lintas, salah satunya jalan Tol Cinere – Jagorawi (Cijago) seksi 3A.

Uji coba jalan tol Cinere – Jagorawi seksi 3A telah dioperasikan secara fungsional sejak 23 Desember 2022.

Jalan bebas hambatan yang disingkat menjadi tol Cijago ini akan beroperasi secara fungsional tanpa tarif hingga 3 Januari 2023. Tol Cijago ruas 3A ini menghubungkan wilayah Kukusan hingga Krukut di Depok setiap pukul 08.00 - 17.00 WIB.

 Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 25 Desember 2022 :

1. Daftar Motor yang Disuntik Mati pada 2022, Yamaha Terbanyak

Seperti diketahui Nmax model lama tetap dijual meski tipe All New Nmax sudah meluncur pada 2020. Saat itu Yamaha mengklaim peminat Nmax lama masih banyak sehingga perusahaan memutuskan masih menjualnya.

Pada Juni 2022, Yamaha kemudian telah mengonfirmasi menyuntik mati All New Soul GT. Kemudian pada Agustus 2022 giliran Mio Z yang diberhentikan.

Menyusul tak lama kemudian ialah Mio S yang setop produksi. Kemudian Suzuki yang menyetop produksi motor bebek Suzuki Smash pada 2021 kembali merampingkan jajaran modelnya dengan menyuntik mati Suzuki GSX150 Bandit.

 

2. Tol Cijago Seksi 3A Sudah Dibuka, Masih Gratis

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, jika jalan tol baru akan ditargetkan beroperasi secara resmi dan bertarif pada awal 2023.

“Bagian ini yang akan terkoneksi dengan Cinere-serpong Q1 2023, yang sudah terhubung saat ini adalah Desari – Cijago,” kata Danang kepada Kompas.com, Minggu (25/12/2022).

 

3. Mobil Gagal Nanjak, Apa yang Harus Dilakukan?

Liburan akhir tahun begitu menyenangkan digunakan berlibur ke tempat-tempat wisata di dataran tinggi.

Tak heran, banyak wisatawan luar kota yang rela jauh datang walaupun kondisi jalan yang dilalui terbilang ekstrim. Hal itu pun menyebabkan was-was bila mobil yang digunakan gagal menanjak.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, kunci aman melewati tanjakan curam adalah ketenangan dan fokus pengemudi.

 

4. Mobil Tercebur Laut di Merak, Apakah Masih Bisa Diperbaiki?

Belum lama ini sebuah mobil tercebur ke laut ketika mau memasuki KMP Shalem di Pelabuhan Merak, Banten, pada Jumat (23/12/2022) malam.

Mobil yang diduga Toyota Calya itu, tercebur saat berada di ramp door feri. Saat ini pihak yang berwajib masih menyelidiki penyebabnya.

Dengan kerusakan yang terbilang masif, salah satu pertanyaan yang muncul adalah apakah mobil tersebut masih bisa diperbaiki?

5. Bagaimana Sikap Kita Bila Bertemu Pelat RF yang Minta Jalan?

Belum lama ini pengemudi mobil Bramantia Tamtama membagikan pengalaman kurang menyenangkan saat bertemu dengan mobil "pelat dewa" yaitu pelat nomor RFP yang arogan di jalan.

Bram mengatakan, kejadian tersebut terjadi saat dia sedang mengemudi keluar tol JORR Veteran dari Bintaro, pada Jumat (23/12/2022) dari belakang terdengar bunyi sirene dan nyala lampu rotator.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/26/064944515/populer-otomotif-daftar-motor-yang-disuntik-mati-pada-2022-yamaha-terbanyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke