Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa yang Dimaksud Idling Stop System pada Sepeda Motor?

KLATEN, KOMPAS.com - Salah satu fitur yang banyak diterapkan pada sepeda motor, yakni Idling Stop System (ISS). Teknologi tersebut tidak hanya digunakan motor Honda, tapi merek lain pun banyak yang menggunakan fitur tersebut meski dengan sebutan yang berbeda.

Sebagai contoh, Stop & Start System (SSS) pada motor Yamaha. Dengan fitur tambahan tersebut, harga jual motor yang ditawarkan menjadi lebih mahal. Pasalnya, teknologi ini digadang-gadang sebagai fitur modern yang lebih ramah lingkungan.

Bahkan, fitur ini juga diadopsi ke mobil. Seperti Suzuki Ertiga Hybrid, Daihatsu Terios dan lainnya yang kini disematkan fitur semacam ini. Lantas, apa yang dimaksud idling stop system ini?

Kepala Bengkel Ahass Cawas Klaten Ivan, mengatakan Idling Stop System (ISS) merupakan fitur yang bisa membuat mesin sepeda motor berhenti bekerja dengan sendirinya ketika sedang tidak dibutuhkan.

“Mesin motor bisa mati secara otomatis bila tidak dibutuhkan, seperti ketika di lampu merah kemacetan dan sejenisnya,” ucap Ivan kepada Kompas.com, Kamis (22/12/2022).

Dia mengatakan dengan demikian maka bahan bakar tidak akan terbuang sia-sia, dan dapat mengurangi polusi udara.

“Dengan adanya fitur yang bisa membuat mesin motor mati secara otomatis bila tidak dibutuhkan, maka bensin akan menjadi lebih hemat karena tidak ada yang terbuang sia-sia, selain itu fitur tersebut juga bisa mengurangi emisi gas buang,” ucap Ivan.

Dia mengatakan bila semua sepeda motor di perkotaan menggunakan fitur tersebut, maka polusi udara akan bisa berkurang, terutama di area-area yang rawan kemacetan.

“Bayangkan saja kalau semua sepeda motor menggunakan fitur idling stop, maka polusi udara akan berkurang, dampaknya akan lebih terasa bagi sesama pengguna sepeda motor,” ucap Ivan.

Dia mengatakan pengguna motor perlu tahu, bahwa fitur ini hanya akan aktif bila kondisinya memungkinkan, sehingga tepat sasaran.

“Tidak perlu khawatir mesin motor menjadi mati secara tiba-tiba, karena sistem sudah mengatur untuk menonaktifkan fitur ISS bila kondisi mesin tidak prima,” ucap Ivan.

Jadi, fitur idling stop ini memang sudah didesain secara matang agar tetap memberikan manfaat. Pada dasarnya, bila mesin prima dan bila fitur ISS diaktifkan maka mesin bisa otomatis mati ketika motor tidak membutuhkan putaran mesin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/23/101200815/apa-yang-dimaksud-idling-stop-system-pada-sepeda-motor-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke