Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Listrik Genesis G80 Dapat Penghargaan Mobil Paling Aman

JAKARTA, KOMPAS.com - Genesis G80 digunakan oleh kontingen KTT G20 di Bali. Belum lama ini, mobil listrik tersebut mendapatkan penghargaan sebagai mobil paling aman.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Insurance Institue for Highway Safety (IIHS) dengan Top Safety Pick Plus. Tak heran mengapa mobil ini dipercaya untuk dijadikan kendaraan yang membawa para pemimpin negara saat KTT G20.

Dikutip dari Motor1.com, Kamis (22/12/2022), versi elektrik dari Genesis G80 ini mencetak peringkat teratas dengan penilaian 'baik' di semua area kelayakan tabrakan.

Begitu pula dengan bagian depan sisi pengemudi, bagian depan sisi penumpang, samping, kekuatan atap, dan uji pengekangan kepala, serta area lainnya.

Sedan listrik ini juga mendapatkan peringkat 'superior' untuk pencegahan kecelakaan kendaraan depan dan pejalan kaki, serta peringkat "dapat diterima" untuk lampu depan standarnya.

Untuk diketahui, Genesis G80 sudah dibekali dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang canggih.

Teknologi tersebut meliputi fitur keamanan aktif dan pasif, seperti, Forward Collision Avoidance-Assist with Pedestrian Detection, Lane Keep Assist, Blind-Spot Collision Warning, dan lainnya.

Kompartemen penumpang diperkuat dengan baja berkekuatan tinggi dan delapan kantung udara, termasuk kantung udara tengah depan. Semua fitur ini berkontribusi pada skor keamanan G80.

Mulai 2023, semua model Genesis baru akan mendapat layanan standar, yakni langganan Connected Care seumur hidup.

Layanan ini menyediakan koneksi selalu aktif untuk fitur keselamatan, seperti Automatic Collision Notification, Enhanced Roadside Assistance, dan SOS Emergency Assistance saat kendaraan memiliki akses ke koneksi jaringan seluler.

KTT G20 sudah selesai digelar dan beberapa waktu lalu mobil eks konferensi tingkat tinggi tersebut dijual oleh salah satu mobil bekas, yakni PT Boss Mobil Indonesia.

Melalui akun Instagram @bobil.id, Genesis G80 ditawarkan dengan jumlah yang sangat terbatas. Admin @bobil.id menyebutkan bahwa Genesis G80 Eks G20 ini tersedia dengan dua pilihan, yakni Short Wheel Base (SWB) dan Long Wheel Base (LWB).

"Untuk Genesis G80 Electric ex G20 ada SWB dan LWB, SWB Rp 2,990 M dan LWB Rp 4,990 M. Harga sudah on the road yaa," ujar admin tersebut, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk spesifikasinya, dapur pacu Genesis G80 Special Edition Long-Wheelbase serupa dengan varian normal yaitu dibekali baterai lithium-ion 87,2 kWh yang mampu menghembuskan tenaga maksimum sebesar 272 kW (370 PS).

Genesis G80 diklaim dapat mencapai kecepatan maksimum 225 kilometer per jam. Dengan kondisi baterai yang penuh, mobil listrik ini memiliki jarak tempuh hingga 500 kilometer.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/22/144100315/mobil-listrik-genesis-g80-dapat-penghargaan-mobil-paling-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke