Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Patokan Waktu Ganti Oli Mesin untuk Mobil Pemakaian Dalam Kota | Dua Mobil Hybrid Honda Bakal Meluncur di Indonesia pada 2023

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggantian oli mesin memang perlu diganti secara teratur dan tepat waktu. Bila telat melakukan penggantian oli mesin, berbagai masalah akan timbul pada mesin.

Namun, patokan untuk mengganti oli mesin cukup membingungkan karena ada dua, yaitu bisa berdasarkan jarak tempuh atau waktu. Padahal, antara jarak tempuh atau waktu yang ditentukan ini akan terpaut cukup jauh tergantung dengan pemakaian mobil.

Bagi mobil yang jarang dipakai, atau pemakaian dalam kota, untuk menempuh jarak 10.000 Km butuh waktu yang lebih dari 6 bulan. Ini kerap terjadi dan membuat sebagian orang bingung.

Selain itu, Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy, memastikan bakal membawa dua produk elektrifikasinya ke Indonesia pada 2023.

"Tahun depan dua model hybrid akan kami keluarkan dan dua varian e (elektrifikasi) lainnya, termasuk produksi lokal," ujar Billy kepada media di Ubud, Bali, Senin (19/12/2022).

Saat ditanya soal dua produk hybrid yang akan dibawa, Billy masih enggan untuk memberikan informasi lebih lanjut. 

Namun bila berkaca pada ajang GIIAS 2022 lalu, sudah ada dua model hybrid yang dibawa dan diperkenalkan Honda, yakni Accord dan CR-V e:HEV.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 20 Desember 2022 :

 

1. Patokan Waktu Ganti Oli Mesin untuk Mobil Pemakaian Dalam Kota

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan, meski mobil jarang dipakai, atau pemakaian dalam kota, waktu yang direkomendasikan untuk ganti oli mesin sebaiknya diganti segera.

“Karena oli mesin sebenarnya mulai bekerja terhitung sejak mesin bekerja, bukan ketika mobil mulai melaju, itu sebabnya ada patokan waktu untuk penggantian oli mesin,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Minggu (18/12/2022).

Dia mengatakan, khusus untuk mobil-mobil yang digunakan di dalam kota, biasanya jarak tempuh akan lama bertambah, sedangkan waktu penggantian oli terasa cepat tercapai.

 

2. Dua Mobil Hybrid Honda Bakal Meluncur di Indonesia pada 2023

Lebih lanjut, Billy menjelaskan, rencana untuk meluncurkan produk elektrifikasinya di Indonesia sudah direncanakan jauh-jauh hari.

Bahkan sebelum adanya wacana pemberian insentif dari pemerintah berupa subsidi Rp 80 juta untuk mobil listrik dan Rp 40 juta bagi mobil hybrid.

 

3. Video Sopir Truk Jadi Korban Pemalakan Saat Tunggu Lampu Merah

Pemalakan terhadap pengemudi truk kerap terjadi di jalanan Indonesia. Bukan cuma beraksi di tempat sepi, sekarang pemalak berani melakukan aksinya di siang hari.

Misal seperti pada video yang diunggah akun Romansa Sopir Truck di Instagram, terlihat pemalak yang naik ke bagian kabin truk. Pengemudi mengaku telah dirampas HP-nya oleh pemalak di daerah Lampu Merah Kelapa Gading, Jakarta.

"HP dua, tolong bantuannya bang," ucap pengemudi tersebut dikutip Kompas.com dari video yang diunggah Romansa Sopir Truck, Selasa (20/12/2022).

 

4. Beli Innova Zenix Sekarang Tidak Bisa Dipakai buat Lebaran

Toyota Astra Motor (TAM) mencatat hasil positif pada penerimaan pemesanan MPV terbarunya, All New Kijang Innova Zenix. Sampai pertengahan bulan ini, Innova Zenix sudah mendapatkan 7.200 unit pemesanan.

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM, menjelaskan, pihaknya saat ini sedang fokus pada penanganan antrian inden yang panjang. Pasalnya, konsumen yang memesan Innova Zenix bulan ini, baru akan mendapatkan unitnya setelah Lebaran 2023.

"SPK Zenix sampai tanggal 18 Desember tembus 7.200 unit, dari total itu 80 persennya adalah model hybrid dan sisanya Innova model bensin," jelas Anton, Senin (19/12/2022) saat media test drive All New Innova Zenix di Semarang, Jawa Tengah.

 

5. Hyundai Pamerkan Kona Generasi Terbaru, Ada Hybrid dan EV

Hyundai Kona sempat tertangkap kamera beberapa kali sedang tes jalan, tapi masih ditutupi kamuflase. Kali ini, Hyundai sendiri yang mengungkapnya ke publik.

Dikutip dari Carscoops.com, Selasa (20/12/2022), Hyundai memberikan ubahan yang cukup signifikan pada Kona.

Tampak bagian depannya terlihat lebih futuristik dan agresif. Desain eksteriornya, khususnya pada bagian DRL, mirip dengan Staria dan Stargazer. Hyundai menyebutnya dengan 'Seamless Horizon Lamp'

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/21/060200815/-populer-otomotif-patokan-waktu-ganti-oli-mesin-untuk-mobil-pemakaian-dalam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke