Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya Oil Sludge buat yang Malas Ganti Pelumas Mesin

KLATEN, KOMPAS.com - Mesin pada mobil membutuhkan oli sebagai pelumas. Tujuannya agar komponen dapat terlindungi dan terhindar dari keausan akibat gesekan.

Seperti yang diketahui komponen mesin merupakan benda logam yang berputar serta bergerak sesuai dengan cara kerjanya. Maka dari itu, untuk menghindari gaya gesek yang berlebih, perlu adanya pelumas berupa oli.

Oli mesin juga harus terkontrol kondisinya, jangan sampai kurang atau telat melakukan penggantian oli, termasuk memastikan tidak mengalami sludge.

Lantas, apa yang dimaksud oil sludge?

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan, oil sludge adalah kondisi oli mesin yang mengalami perubahan dari zat cair menjadi pasta atau lumpur.

“Oli mesin normalnya berbentuk cair dengan kekentalan tertentu, namun ini mengental sehingga menyisakan lumpur di dinding-dinding komponen mesin yang bisa menyumbat saluran oli,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (17/12/2022).

Hardi mengatakan, oil sludge ini seharusnya tidak terjadi bila pemilik mobil rajin melakukan penggantian oli secara tepat waktu.

Sementara itu, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, oil sludge merupakan fenomena yang wajar terjadi pada mesin mobil, bukan karena ada masalah pada mesin.

“Oil sludge wajar terjadi pada oli mesin akibat panas serta terkena kontaminasi dari zat di dalam mesin. Maka dari itu, untuk menghindarinya, perlu dilakukan penggantian oli mesin sesuai yang anjuran,” ucap Didi kepada Kompas.com, Sabtu (17/12/2022).

Dia mengatakan, oil sludge merupakan endapan oli mesin yang terkumpul sehingga lama-lama menjadi gel.

“Oil sludge ini merupakan endapan oli mesin yang lama-lama terkumpul di dalam mesin, jika dibiarkan akan membuatnya seperti gel, mengakibatkan kerak bahkan bisa menyumbat saluran oli,” ucap Didi.

Jadi, oil sludge ini merupakan peristiwa terkumpulnya endapan oli yang jika dibiarkan bisa menyebabkan oli berubah menjadi lumpur, bahkan bisa menyumbat saluran oli di dalam mesin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/17/110200715/bahaya-oil-sludge-buat-yang-malas-ganti-pelumas-mesin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke