Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Memesan Bus Mewah Racikan Baze

BOGOR, KOMPAS.com - Bus dengan interior mewah memang menjadi pilihan para konglomerat untuk jalan-jalan bersama keluarga besar. Dengan sekali jalan, bus mewah ini bisa mengangkut sampai belasan bahkan puluhan penumpang.

Salah satu karoseri interior yang bisa membuat kabin bus jadi lebih mewah adalah Baze yang berlokasi di Gunung Putri, Bogor. Ubahan yang dilakukan bisa menyesuaikan dengan permintaan si pemilik, jadi tidak ada batasnya.

Lalu bagaimana kalau mau membeli bus dengan kabin yang mewah?

Kim Sang, Manajer Produksi, Engineering, & Desain Baze mengatakan, pemesanan bus mewah bisa melalui karoseri langsung atau dari Baze dan dipilihkan karoserinya apa.

Misal dari Karoseri Morodadi Prima, nanti disarankan untuk ke Baze sebagai pembuat interiornya. Kalau dari Baze langsung, bisa dicarikan karoseri pembuat bodi bus yang sekiranya cocok.

"Seiring bus diproduksi di karoseri, didiskusikan antara Baze dengan pemiik mau seperti apa. Kita desain layout di dalam, lamanya bisa seminggu," ucap Kim kepada Kompas.com, Jumat (9/12/2022).

Setelah layout selesai, maka masuk proses 3D. Pada tahapan tersebut, Kim mengatakan kalau biasanya ada penyesuaian lagi dengan customer, dan itu bukan jadi masalah.

"Enggak masalah (ada perubahan) selama customer sudah serius dan mengikat. Kita ikuti kemauan, begitu sudah deal, lanjut proses pembayaran," kata Kim.

Walau sudah deal, ada saja di tengah proses tadi pemilik berubah pikiran. Tentu itu bisa tetap diwujudkan selama tidak mengubah struktur awal. Kalau misal ada perubahan struktur pun tetap bisa, namun ada biaya tambahan.

Biasanya, pekerjaan karoseri interior ini dilakukan di markas Baze yang ada di Bogor. Jadi bodi bus baru dari karoseri yang masih kosong dibawa ke Bogor untuk dikerjakan.

Kalau mau memakai bodi bus bekas, bisa juga dilakukan. Tahap awal adalah membongkar interior lama, dibuat jadi kosongan lagi dan didesain ulang layout interiornya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/09/191100315/begini-cara-memesan-bus-mewah-racikan-baze

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke