Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pahami Fenomena Vapour Lock, Salah Satu Jenis Rem Blong

SURABAYA, KOMPAS.com - Rem blong banyak menyebabkan kecelakaan pada bus dan truk khususnya ketika melewati jalan menurun.

Rem blong tidak akan terjadi bila pengemudi melakukan prosedur yang benar untuk melewati jalan menurun. Namun, banyak pengemudi memilih tetap menggunakan gigi tinggi meski sedang melewati jalanan menurun dengan mengandalkan rem utama untuk mengurangi laju kendaraan.

Padahal, kinerja rem utama akan terasa berbeda antara kondisi jalan datar dan menurun. Ketika jalan menurun, maka rem harus bekerja lebih keras karena membutuhkan ngerem berkali-kali dan lama.

Investigator Senior Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Achmad Wildan, mengatakan mengandalkan rem utama ketika kendaraan melewati jalan menurun membuat rem berpeluang mengalami blong karena bekerja terlalu berat.

“Salah satu peristiwa rem blong yaitu terjadinya vapour lock, di mana tenaga hidrolis sistem rem tidak mampu digunakan untuk mendorong piston sehingga sistem rem kehilangan kemampuannya,” ucap Wildan, Senin (5/12/2022) dalam sebuah Webinar ‘Fenomena Rem Blong dan Fakta Kecelakaan Bus & Truk’ di ITS.

Dia mengatakan ketika rem bekerja terlalu berat, maka akan terjadi peningkatan suhu, begitu juga pada minyak rem selaku pemindah daya tekannya.

“Minyak rem yang mengalami kenaikan suhu akan mengalami penguapan bila sampai pada titik didihnya, sehingga dalam saluran minyak rem ada gelembung atau udara palsu,” ucap Wildan.

Dengan adanya udara hasil penguapan minyak rem tersebut, maka daya pengereman menjadi tidak maksimal, dengan kata lain rem akan mengalami blong.

“Vapour lock ini terjadi karena terdapat udara hampa di antara minyak rem atau angin palsu, sehingga hukum pascal tidak dapat bekerja dengan sempurna,” ucap Wildan.

Dia mengatakan kualitas minyak rem akan menentukan seberapa besar titik didih minyak rem pada suatu sistem rem.

“Minyak rem mendidih karena mencapai titik didihnya, hal ini disebabkan terdapatnya kandungan air didalam minyak rem. Jika terdapat 3% saja kandungan air didalam minyak rem, maka titik didihnya akan turun 50' celcius,” ucap Wildan.

Jadi, vapour lock terjadi lantaran terdapat udara palsu yang di saluran minyak rem dari hasil penguapan. Udara tersebut terjebak di dalam saluran minyak rem dan mengganggu kinerja sistem rem.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/09/171200215/pahami-fenomena-vapour-lock-salah-satu-jenis-rem-blong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke