Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Pemanis Tampilan, Ini Fungsi Utama Door Visor

SEMARANG, KOMPAS.com - Banyak komponen-komponen vital pada mobil yang sekedar dianggap hiasan. Paling sering talang air atau door visor. 

Hal itu salah satunya dikarenakan berbagai model talang air yang beredar di toko aksesoris dan variasi mobil.

Selain itu, beberapa model mobil dari pabrikan memang tak dilengkapi talang air, sifatnya hanya bonus saat pembelian. 

Ketika musim hujan seperti saat ini, fitur pendukung keselamatan dan keamanan berkendara satu-persatu penting untuk diperhatikan.  Termasuk door visor yang terkesan sepele namun ternyata kegunaannya begitu besar. 

"Salah kaprah menganggap bahwa cuma hiasan, door visor digunakan melindungi cipratan air hujan yang membahayakan komponen kelistrikan mobil. Air bisa masuk karena celah-celah kaca bagian atas ada jalur sirkulasi udara," ucap Instruktur Training Center Nasmoco Bejo Agung Nugroho kepada Kompas.com, Sabtu (3/12/2022). 

Air yang membasahi komponen seperti power window, central lock, dan electric mirror bisa menyebabkan kinerja sistem tersebut macet. 

Perbaikan masing-masing juga terbilang tak mudah. Beberapa detail komponen fisik dilengkapi rangkaian sistem kelistrikan yang rumit dan sensitif terkena air. 

Bahkan ada beberapa model mobil keluaran terbaru, komponen kecil kelistrikan sama sekali tak bisa di reparasi. Tak ada cara lain di luar pergantian satu set komponen tersebut. 

"Kelistrikan paling rumit dan membutuhkan biaya perbaikan besar. Rangkaian sistem kerja masing-masing komponen terintegrasi dengan perangkat ECU. Perbaikan sifatnya menyeluruh, terbagi menjadi beberapa blok, dan sparepart di pasaran sulit," ucapnya. 

Selain mencegah kerusakan serius, door visor juga dijadikan pengatur sirkulasi udara kabin manual. Hal ini berlaku saat mobil berjalan dengan kondisi AC dimatikan. 

Angin yang berhembus dari luar diarahkan turun ke bawah. Udara yang masuk jadi terbagi sendirinya rata sampai baris belakang. 

"Porsinya seimbang, baik jok bagian depan maupun belakang. Sistem aerodinamis mobil memecah udara dari depan dan samping, door visor bekerja mengarahkan dan mengatur sesuai ukuran kaca terbuka," kata dia. 

Berlaku juga saat mobil parkir lama di bawah terik sinar matahari langsung. Untuk menghindari panas berlebihan dan kerusakan komponen interior kaca dibuka sedikit. 

Manfaat lain yang di dapatkan adalah sirkulasi udara sejuk AC mobil jadi lebih cepat. Bejo mengatakan, door visor efektif sebagai patokan batas aman kaca boleh di turunkan. 

"Kaca bisa dibuka sampai batas door visor, ukuran tersebut sudah tepat jadi jalur sirkulasi udara menghindari panas berlebihan. AC juga lebih ringan dan cepat dingin. Dari luar juga tak terlihat kaca terbuka, sehingga aman dari aksi kriminalitas," tuturnya. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/03/162200815/bukan-pemanis-tampilan-ini-fungsi-utama-door-visor-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke